Dorong Pemulihan Ekonomi, Pemkot Parepare Beri Pelatihan Digital Marketing ke Pelaku UKM

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Dalam rangka memajukan produk Usaha Kecil Menengah (UKM), Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mengaja pelaku UKM mengikuti Pelatihan Digital Marketing.

Pelatihan yang digelar dari 13 hingga 14 September 2022 ini dibuka oleh Ketua TP PKK Kota Parepare yang juga Ketua Dekranasda, Erna Rasyid Taufan di Lagota Cafe and Resto, Selasa, (13/9/2022).

Kepala Disnaker Parepare, Basuki Busrah memaparkan, pelaksanaan pelatihan itu sebagai upaya dalam mendorong pemulihan ekonomi melalui penguatan pemasaran produk para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis digital.

“Kami merespon cepat kondisi kekinian Parepare dalam menguatkan pertumbuhan ekonomi. Parepare juga harus Kopasus di bidang marketing,” ujar Basuki Busrah.

Pelatihan diikuti 50 peserta yang telah melalui tahap seleksi dengan menghadirkan narasumber yang andal dan bersertifikasi, Faqih Fathurahman a.k.a Daeng Faqih

“Daeng Faqih ini populer di youtube dan tiktok, besertifikasi sehingga tidak diragukan lagi kapasitasnya,” urainya.

Basuki juga menyebutkan, sejumlah materi yang dibekali kepada para peserta, seperti materi Foundamental Marketing, Search Engine , Optimasi Akun GMB, Tips Membuat Akun FB Tertarget, Membuat Status FB dengan Teknik Selling, Setting Instagram, Cara Melakukan Endorse, hingga tips periklanan.

“Kalau saya dengar tadi dari Narasumber pada umumnya pelatihan seperti ini peserta dikenakan biaya Rp 2.5 juta perorang, namun Disnaker Parepare gratiskan. Ini program Bapak Wali Kota Parepare,” ungkap Basuki.

Bahkan kata Basuki, setelah pelatihan ini akan dilanjutkan lagi pelatihan bersertifikasi untuk memastikan para UMKM bersertifikat sehingga dapat menggunakan sertifikat itu dalam mencari peluang usaha sebagai marketer profesional.

Nampaknya, program itu mendapat apresiasi dari narasumber, Daeng Faqih. “Kalau difasilitasi sertifikat, ini pertama di Indonesia Timur dalam melahirkan marketer karena biasanya sertifikat itu hanya difasilitas oleh persusahaan-perusahaan untuk karyawannya. Ini menurut saya gebrakan yang dilakukan Parepare dalam memfasilitasi warganya mendapat sertifikasi sebagai marketer profesional apalagi profesi ini sangat diminati oleh kaum milenial,” jelasnya.

Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan pun mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Disnaker Parepare dalam menumbuhkan laju perekonomian di kota bertajuk Cinta BJ Habibie Ainun itu.
(***)

  • Bagikan