Gelar Rakor Forum PDPB Triwulan III 2022, KPU Parepare Muktahirkan 97.005 Data Pemilih

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Triwulan III Tahun 2022 yang digelar di Media Center, Jumat (16/9/2022).

Kegiatan rakor digelar oleh para Komisioner, Sekretaris dan para Kepala Sub Bagian dalam lingkup KPU Kota Parepare, dihadiri perwakilan dari instansi/institusi yang terdiri dari Polres, Kodim 1405, Batalyon B Brimob, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Kementerian Agama, Bawaslu, Kantor Imigrasi, Lapas Kelas II A, para Camat, Disdukcapil, dan Dinas Kesehatan Kota Parepare.

Rakor itu juga melibatkan perguruan tinggi AIN Parepare dan AKPER Fatima. Diundang pula organisasi masyarakat seperti, Komisi Perempuan Indonesia Kota Parepare, organisasi jurnalis AJI, PWI Kota Parepare, FKUB Kota Parepare dan partai politik hadir dari utusan dari PDI Perjuangan, PKS, Perindo, PPP, PAN, Partai Hanura, Partai Ummat, Partai Republiku dan Partai Kebangkitan Nusantara.

Komisioner KPU Parepare Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Mursalin Muslimin, yang mewakili Ketua KPU Kota Parepare, menyampaikan bahwa rapat forum koordinasi PDPB dilaksanakan tiga kali sebulan.

“Tujuannya untuk mengomunikasikan berbagai hal terkait progres kegiatan pemutakhiran data serta menjadi sarana untuk mendapatkan masukan serta tanggapan dari stakeholder atau pemangku kepentingan sebagaimana yang dilakukan pada rapat Forum Koordinasi Triwulan III Tahun 2022 yang menghimpun capaian Pemutakhiran Data Pemilih kurun waktu dari bulan juli hingga september 2022,” jelasnya.

Ditambahkan Mursalin, pertemuan yang digelar pihaknya itu juga merupakan rapat koordinasi triwulanan terakhir dalam rangkaian kegiatan PDPB tahun 2022, mengingat pada pertengahan bulan oktober tahun 2022 telah masuk kegiatan Tahapan Penyusunan dan Pemutakhiran Data Pemilih untuk kepentingan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Pada rakor itu juga, Mursalin menyampaikan progres Pemutakhiran Data Pemilih (PDP) yaitu sebanyak 97.005 dengan rincian, jumlah pemilih laki-laki 46.678 dan pemilih perempuan 50.327 yang tersebar di 4 kecamatan pada 22 kelurahan.

Sementara Pemilih Pemula terdata sebanyak 136 Pemilih. Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (PTMS) sebanyak 1.591 yang terdiri dari, meninggal dunia 1.425, pindah keluar 125 dan ganda 41.

Juga terdapat pemilih yang melakukan ubah data sebanyak 66 pemilih yang terdiri atas ubah elemen data 64, ubah Alamat Asal 1 dan ubah alamat tujuan 1 orang pemilih.

“Semua data itu bersumber dari hasil pengawasan Bawaslu Kota Parepare, tanggapan dan masukan masyarakat serta temuan KPU Kota Parepare yang sebelumnya telah dikoordinasikan dengan pihak terkait,” jelasnya.
(***)

  • Bagikan