HUT Ke-77 Tahun PMI, Adnan : Harus Jadi Terdepan untuk Kemanusiaan

  • Bagikan

SINJAI, BACAPESAN.COM – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan terus mendorong agar PMI selalu menjadi organisasi terdepan dalam isu-isu kemanusiaan.

Menurutnya, organisasi PMI ini bukan hanya mengurusi darah saja tetapi ambil bagian pada aksi sosial dan kemanusiaan lainnya. Termasuk seluruh pihak yang membutuhkan bantuan di manapun terjadi bencana, baik baik bencana alam maupun non alam.

“PMI selalu hadir dibarisan terdepan untuk bisa memberikan bantuan terbaiknya kepada semua manusia yang ingin membutuhkan kehadirannya,” katanya usai melantik Ketua dan pengurus PMI Kabupaten Sinjai masa bakti 2020-2025, Sabtu (17/09/2022).

Pelantikan PMI Kabupaten Sinjai dilakukan di sela-sela rangkaian Apel Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke-77 yang berlangsung di Gedung Serbaguna Kabupaten Sinjai.

Dengan mengambil tema HUT PMI “Terus Menebar Kebaikan”, tema tersebut memiliki makna bahwa PMI tidak pernah diam dalam menebarkan kebaikan di setiap momentum yang ada.

Lebih lanjut Adnan mengatakan, saat ini sudah ada undang-undang kepalangmerahan. Dalam undang-undang tersebut pemerintah kabupaten boleh menganggarkan hibah setiap tahun untuk PMI di setiap daerah. Termasuk di Kabupaten Sinjai.

“Jadi PMI boleh setiap tahunnya diberikan hibah dari pemerintah Kabupaten Sinjai agar kerja-kerja PMI bisa terukur dan terlaksana dengan baik untuk kemanusiaan,” ungkap Adnan yang juga Bupati Kabupaten Gowa.

Dirinyapun mengaku bangga karena pada hari ini ketua PMI yang dilantik tidak lain adalah istri dari Bupati Sinjai.

“Saya merasa senang, bangga dan bahagia kalau ada ibu bupati yang mau mendedikasikan dirinya untuk ber- PMI. Semoga apa yang menjadi agenda dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara, Ketua PMI Kabupaten Sinjai, Andi Nurhilda Daramata Seto menyampaikan saat ini era global tengah mempengaruhi perubahan di segala aspek kehidupan secara signifikan, kecuali bagi PMI.

Dengan ditandai pesatnya perkembangan teknologi informasi, segalanya menjadi lebih cepat dan dapat diakses oleh publik.

“Kepengurusan PMI Kabupaten Sinjai akan bekerja lebih cepat, langsung dan baik kepada masyarakat melalui program utama dalam peningkatan pelayanan donor darah sukarela, pencegahan dampak perubahan iklim sebagai upaya penguatan ketahanan masyarakat,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa berharap kerja sama antara Pemerintah Daerah dengan PMI bisa semakin banyak.

Apalagi dirinya melihat dari struktur organisasi PMI juga diisi dari pihak-pihak yang ada di instansi pemerintahan. Misalnya, Bappeda, BPBD, Dinkes, dan Dinsos yang menjadi kekuatan PMI. Nantinya dengan posisi yang ada, pihaknya yakin PMI setelah pelantikan ini akan lebih bagus lagi.

“Kami berharap ibu ketua bisa lebih banyak berkoordinasi dengan kami di Pemda, dan membuat program yang bisa membantu Pemda untuk menanggulangi bencana-bencana alam yang terjadi di Sinjai,” harap Bupati Sinjai.

Hadir dalam kegiatan ini Istri dari Ketua PMI Sulsel yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan, serta Pengurus PMI Provinsi Sulsel. (*)

  • Bagikan