Wawali Fatma Bahas Makassar Hadapi Perubahan Iklim dan Adaptasi Pasca Pandemi di Forum Internasional

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Hari pertama pertemuan asia Pasifik ministrial conference on Distater Risk Reduction 2022 di Brisbane convention and exhibition centre Brisbane Australia, 19 September 2022.

Pada forum tingkat internasional ini, Wakil Wali kota Makassar Fatmawati Rusdi tampil memukau. Apalagi di acara asia pacific ministerial conference on disaster risk reduction (APMCDRR) 2022 di Brisbane Australia ini.

Selaku Wakil Wali kota Makassar, Fatmawati panel dengan Gubernur Queensland Annastacia Palaszczuk dan Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi Secretary General, UCLG ASPAC.

Dalam paparan materinya, perempuan pertama menjabat Wakil Wali kota Makassar sepanjang sejarah itu, berbicara tentang Kota Makassar dalam menghadapi Resiko bencana perubahan iklim dan pandemi.

“Menghadapi risiko bencana perubahan iklim dalam mitigasi sosial dan adaptasi”.

Dalam pemaparannya, Fatmawati menyampaikan, hal pertama, program infrastruktur seperti perlindungan pantai dengan revetment, folder dan reklamasi untuk mengurangi risiko dari laut.

Kedua, lanjut dia, pusat evakuasi dan
membentuk relawan bencana untuk mengurangi risiko cuaca ekstrim berbasis komunitas baik dari masyarakat.

“Sukarelawan, organisasi non pemerintah bersinergi dan berkolaborasi dalam penanggulangan rawan banjir, kebakaran, dan angin puting beliung,” paparnya.

Poin ketiga, kata politisi NasDem itu, selain itu sangat penting edukasi tentang kesadaran bencana pada wmasyarakat.

“Pengurangan risiko lingkungan program untuk mengurangi emisi yang tinggi dari karbon, termasuk pengelolaan limbah, koridor hijau,” jelas Bendahara umum DPP NasDem itu. (*)

  • Bagikan