BAN Sulsel Gelar Visitasi di UPT SDN 102 Pinrang

  • Bagikan

PINRANG, BACAPESAN.COM – Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan visitasi penilaian akreditasi kepada beberapa sekolah di Kabupaten Pinrang diantaranya UPT SDN 102 Pinrang,Kelurahan Tellumpanua Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, Sabtu 23-24/9/2022.

Ada empat komponen penilaian akreditasi, mutu lulusan, mutu guru, manajemen sekolah dan proses pembelajaran, proses penilaiannya memakan waktu yang cukup lama.

“Ini tahap pertama dan akan dilanjutkan dengan tahap verifikasi validasi dari Tim berikutnya,” papar Andi Suhardiman Asesor satu dari BAN yang melakukan visitasi di UPT SDN 102 Pinrang.

Ditambahkannya, sebelum turun ke sekolah melakukan penilaian akreditasi, pihak sekolah sudah mengisi daftar isinya akreditasi.

“Tugas kami selanjutnya melakukan visitasi ke sekolah untuk memastikan apa yang di upload sekolah melalui daftar isiannya sesuai dengan fakta yang ada di sekolah,” kata dia.

“Dalam menentukan apakah kondisi tersebut sesuai dengan kenyataan sebenarnya,kami melakukan observasi di dalam dan diluar kelas,melakukan wawancara dengan semua elemen sekolah,survey kami lakukan kepada siswa terkait bullying dan hal ini kami rahasiakan termasuk kepada guru,selanjutnya kami lakukan pemeriksaan dokumen yang cukup banyak”, jelas A Suhardiman.

Dari empat informasi data, maka kami akan membuat kesimpulan,bagaimana sesungguhnya yang terjadi di sekolah ini.

Lebih jauh dikatakan, pihaknya belum bisa memberi rekomendasi dan mengambil kesimpulan.

“Kami hanya bisa mengatakan bahwa hasil yang kami peroleh dari penilaian kami untuk SDN
102 Pinrang sangat baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPT SDN 102 Pinrang, Hamsah menuturkan sangat berterima kasih atas kedatangan tim Asesor ke sekolahnya dalam melakukan visitasi.

“Kami merasa bersyukur dengan kedatangan tim Asesor yang telah memberi motivasi akan adanya peningkatan dan pengembangan di sekolah kami yang sejak dahulu kami idam idaman,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan