Wujudkan Kamseltibcarlantas, Operasi Zebra 2022 di Parepare Utamakan Preventif

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Kepolisian Resort (Polres) Parepare mulai melaksanakan Operasi Zebra 2022 dengan tema, Tertib Berlalu Lintas guna mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) yang presisi.

Giat operasi zebra di awali apel gelar pasukan gabungan di pimpin Kapolres Parepare, AKBP. Andiko Wicaksono, Senin (3/10/2022) di Mako Polres Parepare.

“Selamat melaksanakan operasi zebra, ingat ke depankan preventif, tetap berpedoman pada SOP, utamakan faktor keamanan dan keselamatan,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Muhammad Yusuf, menjelaskan, operasi zebra mulai digelar hari ini hingga 16 Oktober 2022 mendatang.

Adapun sasaran pelanggaran operasi Zebra tahun 2022 ini kata Yusuf, diantaranya, pengendara kendaraan motor yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi atau pengendara yang masih di bawah umur, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang dan pelanggaran over dimensi.

Yusuf melanjutkan, juga kepada pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan sabuk pengaman dan pengendara yang tidak menggunakan helm standar, lima pengemudi atau Pengendara kendaraan bermotor dalam pengaruh atau mengkonsumsi minuman beralkohol, pengemudi atau mengendarai kendaraan bermotor yang melawan arus, mengemudi atau pengendara untuk motor yang melalui batas kecepatan.

“Operasi zebra kali ini kita menurunkan 90 orang personil gabungan melakukan operasi zebra selama 14 hari,” jelasnya.

Ia menambahkan, operasi zebra kali ini juga 2022 tidak hanya berfokus pada penilangan, melainkan upaya edukasi terhadap pelanggar lalulintas diantaranya kepada pelajar.

“sasaran operasi zebra tidak hanya di gelar di jalan akan tetapi juga menyasar ke kalangan pelajar di Sekolah, melakukan edukasi aturan lalulintas sejak dini,” tambah, AKP. Muhammad Yusuf.
(***)

  • Bagikan