LORSA Beri Surat Cinta Untuk Hati Kita Keren, Perlu Ada Evaluasi OPD

  • Bagikan

MAROS, BACAPESAN.COM – Salah satu Tim Pemenangan pasangan Hati Kita Keren pada Pilkada Maros lalu, Laskar Orang Biasa (Lorsa) menggelar Konferensi pers terkait kinerja pasangan Bupati dan Wakil Bupati Maros, HAS Chadir Syam dan Hj. Suhartina Bohari, Senin malam (03/10) di Berkah Coffe, Maros.

Konferensi Pers ini mengangkat tema Catatan Cinta Untuk Hati Kita Keren, dalam pernyataanya, Lorsa atau Laskar Orang Biasa menyampaikan beberapa apresiasi dan evaluasi terkait kinerja pasangan Hati Kita Keren.

Menurut Lorsa, Kinerja OPD-OPD masih jauh dari capain RPJMD, hal ini disebabkan karena para kepala OPD tidak menjadikan RPJMD sebagai acuan untuk melahirkan Program dan Kegiatan Pembangunan Daerah.

“Beberapa OPD tidak menjadikan RPJMD sebagai fondasi program sebagaimana terkonfirm oleh beberapa anggota legislatif, dan inilah yang membuat program menjadi tidak maksimal” Kata Ferdi pada Siaran Pers tersebut.

Menurutnya, RPJMD adalah penjabaran dari Visi Misi Maros Keren, sehingga wajib bagi OPD-OPD mejadikan sebagai rujukan dalam melahirkan Program dan Kegiatan.

“Yang perlu digaris bawahi justru ada beberapa kegiatan cenderung mengulang dari program RPJMD sebelumnya, mereplikasi dari daerah lain dan ada beberapa kegiatan yang seharusnya masih perlu kajian awal yang konprehensif tapi sudah selesai dijalankan. Sementara program lainnya masih belum maksimal, padahal harusnya itu yang prioritas” Ungkap Fardi.

Lorsa berharap Bupati dan Wakil Bupati Maros melakukan evaluasi pada seluruh OPD agar apa yang tertuang dalam RPJMD menjadi dasar Program dan Kegiatan setiap OPD.

“Kami berharap ada evaluasi secara detail pada seluruh OPD untuk mengembalikan porsi RPJMD sebagai basis kegiatan masing-masing OPD”, Lanjut Ferdiansyah sekaku Kordinator Evaluasi Pembangunan Lorsa.

Selain itu kinerja DPRD Maros juga mendapat sorotan, Lorsa menganggap DPRD Maros kurang teliti dan detail lagi dalam mengevaluasi setiap usulan perencanaan dan pasca pelaksaan program oleh OPD-OPD. Sesuai atau tidak dengan RPJMD semua Program itu disetujuinya di DPRD Maros.

“DPRD Maros harus lebih mengevaluasi lebih detail mulai perencanaan dan pasca pelaksanaan program, karena bagaimanapun juga RPJMD ini adalah keputusan kolektif DPRD Maros”, tutup Ferdy.

Diketahui Lorsa itu sendiri merupakan kumpulan orang biasa yang diinisiasi oleh Wawan Mattaliu, dimana Wawan juga merupakan salah satu penyusun RPJMD Pemda Maros. (*)

  • Bagikan