Pemkot Makassar dan Bakamla RI Jalin Kerja Sama, Danny Pomanto Mengaku Bangga

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), menegaskan dukungannya terhadap upaya Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI mengintegrasikan keamanan wilayah laut Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dukungan ini tertuang dalam naskah kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan Bakamla RI yang penandatanganannya berlangsung di Balai Kota Makassar, Selasa (18/10/2022).

Danny Pomanto mengaku bangga bisa menjalin kerja sama dengan Bakamla RI. Kehadiran Bakamla RI disebut memberikan rasa aman dan nyaman bagi Makassar.

“Kehadiran Bakamla memperkuat positioning Makassar sebagai daerah maritim sekaligus hub barat dan timur Indonesia. Saya merasa bangga kerja sama bisa terjalin,” ungkap Danny Pomanto.

Menurut Danny Pomanto, persoalan keamanan tidak bisa dipisahkan dengan ekonomi. Pasalnya, keamanan menjadi salah satu faktor pendorong masuknya investor yang dapat memicu peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Sementara, Kepala Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah, Laksamana Pertama Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas, menyebut pihaknya tidak sabar ingin berkolaborasi dengan Pemkot Makassar.

Utamanya pemanfaatan teknologi untuk memantau lalu lintas perairan hingga identifikasi pencemaran seperti tumpahan minyak yang bisa merusak ekosistem laut.

“Kita juga akan back up persoalan deteksi dini bencana laut,” kata Hanarko.

Usai penandatanganan, Danny Pomanto dan Hanarko melanjutkan dengan berdiskusi terkait peluang integrasi teknologi antara Bakamla RI dengan War Room milik Pemkot Makssar.

Hadir dalam pertemuan ini Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Makassar, Evi Apryalti, Kepala Dinas Penataan Ruang, Fahyuddin Yusuf, Camat Biringkanaya, Benyamin Turupadang, dan Kepala Bagian Sama Sekretariat Daerah (Setda) Makassar, Ismawati Nur. (*)

  • Bagikan