Ciptakan Generasi Unggul, Disporapar Parepare Gelar Pemilihan Pemuda Pelopor 2022

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar kegiatan pemilihan pemuda pelopor.

Seleksi pemuda pelopor ini di gelar di Kantor Disporapar Parepare. Senin, (24/10/2022).

Ketua Organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Muh. Ramdan didampingi anggota Rasmin, dan Ketua Komisi II DPRD Parepare, Ir. Kaharuddin Kadir diundang sebagai dewan juri.

Sejumlah peserta secara bergiliran tampil menunjukkan kemampuannya di hadapan para dewan juri tersebut.

“Ada 7 peserta yang ikut dalam penilaian pemuda pelopor ini,” ucap Mansur, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Kantor Disporapar Parepare.

Mansur menjelaskan, poin penilaian pada pemilihan tersebut adalah bagaimana para peserta mampu memaparkan konsep karya nyata yang sudah teraktualisasi dalam berbagai bidang.

“Jadi, ada kategori penilaiannya. Itu nanti dari dewan juri yang tentu melakukan penilaian secara objektif,” kata Mansur.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe sebelumnya meminta Disporapar Parepare memaksimalkan implementasi program kepemudaan agar tercipta generasi muda yang unggul.

Taufan menegaskan, Pemkot Parepare berkomitmen akan terus berinovasi dalam segala bidang.

Taufan Pawe pun mengapresiasi kegiatan Pemilihan Pemuda Pelopor 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Parepare itu.

Menurut Taufan Pawe kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen dan keseriusan pemerintah untuk mendorong pemuda Parepare meningkatkan kapasitasnya di berbagai sektor pembangunan.

“Ini juga untuk menyiapkan pemimpin-
pemimpin masa depan yang mampu memajukan Parepare agar dapat tampil di kancah nasional dan internasional,” terang wali kota dua periode itu.

Pemilihan Pemuda Pelopor Tahun 2022 itu meliputi Bidang Pangan, Bidang Pendidikan, Bidang Agama, Sosial dan Budaya, Bidang Inovasi Teknologi, Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata.

Kepala Dinas (Kadis) Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, pemilihan pemuda pelopor merupakan agenda tahunan yang bertujuan mencari pemuda pemudi pelopor bangsa.

“Dalam menghadapi tantangan era globalisasi diperlukan kesempatan yang seluas-luasnya bagi pemuda untuk berperan aktif dalam pembangunan di segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkap alumni STPDN angkatan 24 itu.

Mantan Kabag Humas Pemkot Parepare itu menambahkan, pemilihan Pemuda Pelopor ini dilakukan dengan melibatkan sebanyak mungkin partisipan pemuda.

Lingkup dan jenis kepeloporan pun diperluas dengan harapan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas kepada pemuda dan memberikan penghargaan bagi mereka yang layak menyandang predikat sebagai pemuda pelopor.
(***)

  • Bagikan