Porprov Sulsel XVII, Parepare Melaju di Posisi 5 Besar

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII di Sinjai dan Bulukumba, Kontingen Parepare berhasil meraih 61 medali dari 23 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Ketua KONI Parepare, Zulham Arief menjelaskan, perolehan medali sampai pukul 14.00 Wita, Minggu 30 Oktober yaitu 19 medali emas, 12 medali perak, dan 30 medali perunggu, total 61 medali yang diraih.

Zulham menjelaskan, 61 medali yang diraih masing-masing dari cabor Taekwondo 1 perak, 2 perunggu. Petanque 2 emas, 1 perak, 2 perunggu. Catur 1 emas, 2 perak, 2 perunggu. Tenis lapangan 4 perunggu. Tenis meja 7 emas. Menembak 2 perak.

Takraw 1 perunggu. Billiar 2 emas, 1 perunggu. Yongmoodo 1 emas, 2 perak, 3 perunggu. Pencak Silat 1 perunggu. Senam 2 emas. Sepeda 5 perunggu. Panahan 1 perak. Tinju 4 emas, 2 perak, 5 perunggu. Bulutangkis 1 perak, 1 perunggu. Bola Basket 1 perunggu, kempo 1 perunggu, dan Futsal 1 perunggu.

“Kami ucapkan terimakasih kepada pahlawan Parepare dari semua cabor yang telah berjuang dan menjaga semangat dan membawa nama baik Parepare sehingga bisa mengukir prestasi di Porprov,” ujar dia.

“Perolehan medali yang diraih kontingen Parepare tidak luput dari dukungan dan support dari Pemerintah Daerah, orang tua, serta stakeholder lainnya. Ini bukti kita solid, dan berkomitmen memajukan olahraga di Parepare. Terimakasih atas perjuangan para atlet, pelatih dan official,” ungkapnya.

Menurut Zulham, cabor sepak bola Parepare masih sementara berlaga dan optimis meraih emas, serta memastikan diri melaju ke semifinal setelah menang dari Makassar dengan skor 2-0.

KONI Parepare, lanjut dia, sangat berbangga dan bersyukur atas pencapaian kontingen yang masuk 5 besar di Porprov XVII di Sinjai dan Bulukumba.

“Sesuai target dan amanah yang diberikan Bapak Walikota (Taufan Pawe), Alhamdulillah kita bisa wujudkan. Hal itu tidak lepas support beliau yang dibuktikan dengan hadir pada pembukaan dan saat pertandingan dengan memberikan semangat kepada atlet yang bertanding. Termasuk ucapan terimakasih kepada Disporapar yang telah memberikan suntikan semangat dan doa dari masyarakat Parepare,” jelasnya.

Terkait janji bonus Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, kepada atlet yang berhasil meraih medali, kata Zulham, pihaknya akan berkoordinasi dengan Disporapar untuk teknis penyaluran atau pemberiannya.

Selain itu, lanjut dia, KONI Parepare juga akan melakukan evaluasi total kepada cabor-cabor yang dinilai belum maksimal memberikan kontribusi dan prestasi, baik cabor yang ikut di Porprov maupun yang belum.

“Kita akan evaluasi full, kita masih ada waktu berbenah untuk menghadapi Porprov tahun 2026. Kami juga akan melakukan pembentukan cabor-cabor baru, seperti Judo, Atletik, Dayung, dan cabor lainnya yang memiliki nomor paling banyak, hal itu sebagai upaya memaksimalkan perolehan medali di Porprov selanjutnya,” ungkapnya.

Zulham Arief mengatakan, KONI Parepare juga mengagendakan rapat terkait jadwal pelantikan pengurus dan rapat kerja, serta rencana MOU dengan dinas pendidikan dan perguruan tinggi terkait pembinaan anak didik dan peningkatan minat olahraga.

“Kita juga akan buat kejuaraan dari beberapa cabor, termasuk pekan olahraga kota, hal itu sebagai upaya mencari bibit-bibit baru di segala cabor dan usia,” tandasnya.

Diketahui, Kontingen Parepare menurunkan sebanyak 219 atlet yang mengikuti 23 Cabor dalam perhelatan Porprov XVII Sulsel tahun 2022.
(***)

  • Bagikan