Danny Pomanto Cari 369 Kepsek SD-SMP Makassar Wujudkan Revolusi Pendidikan

  • Bagikan
369 Kepsek SD-SMP Makassar Wujudkan Revolusi Pendidikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mencari 369 kepala sekolah (kepsek) SD-SMP di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berkompeten dan mampu mewujudkan revolusi pendidikan. Para kandidat calon kepsek kini tengah menjalani asesmen dengan berbagai tahapan seleksi.
“Kita berharap mendapatkan kepala sekolah yang berkualitas kita benahi sekarang dengan serius masalah pendidikan,” ucap Danny saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (1/11/2022).

Menurut Danny, para kepala sekolah dituntut mengembangkan mutu pendidikan. Para siswa harus didorong untuk mengembangkan bakatnya dan tidak hanya sekadar fokus pada kemampuan akademik semata.

“Anak-anak kita anak-anak berbakat tinggal isinya bagaimana tentunya diisi dengan pengajaran dan penerapan kurikulum yang betul-betul baik oleh pengajar tentunya,” ujarnya.

Danny menegaskan, hal itu sebagaimana tertuang visi-misinya terkait mendorong revolusi pendidikan yang juga menjadi materi asesmen calon kepsek. Salah satu yang ditekankan yakni sekolah mendorong melahirkan satu bakat untuk tiap siswa.

“Ini salah satu diuji, misalnya satu anak satu tarian, jalan tidak itu, (lalu) satu anak satu olahraga, jalan tidak itu, dan itu solusi supaya anak-anak tersalurkan,” sebut Danny.

Untuk diketahui, sebanyak 385 calon kepsek yang lulus seleksi administrasi selanjutnya mengikuti seleksi computer assisted test (CAT) secara bertahap saat dibuka secara resmi di Hotel Karebosi Premier Makassar, Selasa (1/11). Rinciannya, 305 orang calon kepsek SD dan 80 lainnya kandidat kepsek SMP.

“Mudah-mudahan semua tahu visi-misi, tinggal saudara sekalian berkompetisi. Ini salah satu cara menyaring dan mendapatkan calon-calon kepala sekolah berkualitas,” ucap Sekretaris Daerah Makassar M Ansar saat membuka seleksi CAT calon kepsek.

Ansar melanjutkan, setelah melalui seleksi CAT para calon kepsek SD-SMP masih akan melalui tes wawancara. Pihaknya masih menyusun jadwal pelaksanaannya ke depan.

“Jadi nanti kita susun jadwal untuk wawancara,” tandasnya.

Sebelumnya Kepala Disdik Makassar Muhyiddin Muhyiddin menjelaskan asesmen seleksi kepala sekolah akan dilaksanakan setiap tahunnya. Asesmen ini dilakukan sebagai penilaian dan evaluasi kinerja kepala sekolah. Sedikitnya ada 369 posisi kepala sekolah di SD dan SMP se-Kota Makassar yang akan diisi.

“SD (ada) 314, SMP 55 ,” papar Muhyiddin saat dikonfirmasi, Sabtu (15/10) lalu.

Menurut Muhyiddin, asesmen seleksi kepala sekolah ini diharapkan bisa mendapatkan orang-orang yang inovatif dan kreatif serta dapat mencapai visi-misi Pemkot Makassar.

“Bagaimana juga (kepala sekolah ini) bisa mewujudkan visi-misi pemerintah utamanya program bapak Wali Kota yang ada di bidang pendidikan termasuk (18 revolusi pendidikan),” imbuhnya.

Tahapan Asesmen Kepsek SD-SMP Makassar:
Seleksi CAT: 1-3 November 2022
Uji praktik: 3-8 November 2022
Wawancara: 11-16 November 2022
Pengumuman hasil akhir: 20 November 2022. (*)

  • Bagikan