HUT Makassar ke-415, Danny Bakal Tawarkan Sejumlah Proyek ke Investor Asing

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdan Pomanto

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto akan mengundang investor asing menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-415 Makassar. Danny akan menawarkan kerja sama sejumlah proyek strategis yang tengah dicanangkan.

“Hadir itu Belanda, Singapura, Hongkong, Inggris, Korea Selatan, Australia dan Jerman. Perusahaan lainnya ada Japan dan Asian Development Bank (ADB),” kata Danny kepada wartawan, Selasa (1/11/2022).

Menurut Danny, mereka akan dipertemukan dalam forum investment yang menjadi bagian rangkaian agenda HUT Makassar yang jatuh pada 9 November mendatang. Namun jadwal pertemuannya masih akan dibicarakan.

Namun Danny menyebutkan, sejumlah proyek kerja sama investasi yang akan ditawarkan ke investor. Ada proyek New Balai Kota hingga Japparate.

“Salah satunya Japparate, kemudian Balang Tonjong (Lakeside Resort), New Balai Kota, Tol Lingkar, dan Tempat Parkir (Green Parking Garage),” urai dia.

Proyek Japparate merupakan pembangunan jembatan layang yang rencananya dibangun mulai Benteng Rotterdam hingga Mal Pipo. Danny mengaku sudah menyiapkan desainnya dengan nilai investasi Rp 4 triliun.

“Saya sudah desain yang jelas itu hitungannya Rp 4 triliun ya,” sebut Danny.

Selain itu ada proyek New Balai Kota Makassar di kawasan Centre Poin of Indonesia (CPI) dengan nilai investasi sekitar Rp 2 triliun. Proyek menara kembar tersebut digadang-gadang menjadi pusat kantor pemerintahan Pemkot Makassar.

“Iya (New Balai Kota) investasi, tidak ada uang kita yang Rp 2 triliun begitu,” beber Danny.

Danny mengklaim ada banyak investor yang tertarik untuk bekerja sama dengan proyek yang ditawarkan. Namun pihaknya membatasi.

“Masih banyak mau diundang tapi kita sudah tutup,” imbuhnya.

Danny menjelaskan, HUT Makassar ke-415 akan diisi dengan sejumlah kegiatan. Perayaannya sederhana namun dipastikan tetap meriah.

“Kita kasih simpel (perayaan HUT tahun ini) supaya secara anggaran kita lebih efisien. Satu malam saja, pagi upacara malam resepsi,” ungkapnya.

Pemkot Makassar juga akan direncanakan mengundang sejumlah kota. Danny menyebut perkirakan sejumlah wali kota di Indonesia turut hadir merayakan HUT ke-415 Makassar.

“Kita punya banyak tamu yang mudah-mudahan mengikuti ulang tahun kota itu ada 56 kota dan akan hadir 30 wali kota,” urai Danny.

Sejumlah perlombaan pun diagendakan untuk memeriahkan perayaan HUT ke-415 Kota Makassar mulai dari lomba dengan tema kepemudaan hingga lomba antar satuan kerja perangkat daerah (SKPD)

“Tadi idenya ibu itu mau lomba-lomba kepemudaan misalnya musik anak lorong, street rice, lomba lagu,” ujarnya. (int/*)

  • Bagikan