45 Tahun PT Semen Tonasa Memberi Makna untuk Negeri

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID– 54 tahun PT Semen Tonasa terus tumbuh memberi makna untuk Negeri khusunya di Indonesia Timur.

Sesuai tema yang diusung ‘Tumbuh dalam Harmoni Terbarukan’, PT Semen Tonasa terus memberi dedikasi bukan hanya bagi karyawan dan afiliasi tetapi juga untuk masyarakat dan bumi tempat kita berpijak.

Ini dibuktikan PT Semen Tonasa lewat berbagai rangkaian kegiatan ke 54 tahun Semen Tonasa, antara lain penanaman mangrove dan bersih pulau.

“Rangkaian menyambut HUT 54 tahun PT Semen Tonasa ada kegiatan internal dan eksternal.,” ujar GM Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa, A. Muh Said Chalik yang di temui saat mengisi Podcast Rakyat Sulsel, Selasa (1/11/2022).

“Untuk kegiatan eksternal ada penanaman mangrove dan bersih pulau di Pangkep.Pulau ini antara lain pulau Layya, pulau Polewali dan pulau Karanrang 2 Oktober lalu. Dalam kegiatan ini sedikitnya 15.000 mangrove ditanam. Saat ini sudah ada 55.000 di sekitar pulau sudah ditanam. Pulau tersebut lintasan kapal semen menuju ke Biringkassi,” sambungnya.

Tidak hanya itu, kegiatan ini dirangkaikan pula dengan donor darah dengan target 540 pendonor serta funwalk dengan 3000 peserta.

“Kami menyelenggarakan kegiatan ini selama tiga hari dan telah hadir sekitar 6.000 pendonor dari karyawan, afiliasi keluarga karyawan dan warga sekitar pabrik. Ada juga funwalk dengan 3.000 peserta. Semua jajaran hadir dalam rangka olahraga sehat dan berbagi Doorprize umrah dan motor,” beber Said.

Untuk kegiatan Internal kata dia, diselenggarakan berbagai kegiatan olahraga dan musik, ” ada futsal dan bulu tangkis. Untuk acara musik ada lomba band,” katanya.

Said juga mengungkapkan saat ini pihaknya dan pemerintah Kabupaten Pangkep telah menggagas penampungan sampah.

“Ya semacam bank sampah yang nantinya akan di olah menjadi bahan bakar dan di manfaatkan oleh PT Tonasa. Ini akan menjadi kontribusi utama kami. Pemerintah Pangkep akan menyiapkan tempat dan sarana prasarana. PT Tonasa yang akan mengelola,” jelasnya.

Said juga membeberkan, tidak hanya kegiatan CSR yang memberi dampak luar biasa bagi lingkungan dan masyarakat, PT Semen Tonasa juga menghadirkan program jangka panjang.

“Program kami yang pertama adalah program tonasa bersaudara dimana program ini terdiri dari Tonasa mandiri, Tonasa cerdas, Tonasa sehat Tonasa bersahaja dan Tonasa hijau. Program ini diterapkan di 11 desa yang bersentuhan langsung dengan pabrik, atau masyarakat yang bagun tidur sudah melihat pabrik. Masyarakat desa membuat forum untuk memprogramkan kebutuhan masyarakat misal pemenuhan air bersih dan posyandu, bisnis ayam petelur dan banyak lagi. setiap desa berbeda beda.,” bebernya.

“Kami berharap PT Semen Tonasa di usia saat ini semakin sukses ke depan. Produknya terpakai di Indonesia Timur, sebab ini perusahaan negara maka akan kembali ke negara. Intinya semakin berkontribusi bagi masyarakat dan pembangunan.,” tutupnya. (*)

  • Bagikan