Gandeng Balai jasa konstruksi wilayah VI Makassar dan LPKKM, Dinas PUTR Pangkep Gelar Bimtek SMKK

  • Bagikan

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Kecelakaan kerja selama pengerjaan konstruksi, termasuk mutu dan kualitas pengerjaan konstruksi di kabupaten Pangkep masih menjadi perhatian, khususnya di kalangan pengusaha jasa konstruksi.

Terkait peningkatan kualitas sumber daya tersebut, pihak yang berkecimpung di bidang jasa konstruksi dengan kompetensi khusus keselamatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) kabupaten Pangkep menggelar bimbingan teknis sistem manajemen keselamatan kerja konstruksi (SMKK).

Kegiatan peningkatan kapasitas yang berlangsung di aula Hotel Mattampa inn, senin 31 Oktober hingga 04 November 2022 tersebut, Dinas PUTR menggandeng
Lembaga pengembangan kapasitas dan kompetensi masyarakat (LPKKM) dan Balai jasa konstruksi wilayah VI Makassar.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Pangkep, Irwan mengatakan jika bimtek SMKK (Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi) itu berkaitan dengan kegiatan pentingnya manajemen keselamatan kerja.

“Para pekerja konstruksi itu bukan sekedar objek saja, tetapi sebagai subjek yang memang perlu dimanajemeni dalam arti keselamatan dan kesehatannya harus terjaga,” kata Irwan, Selasa (01/11/2022).

Terpisah, Kepala Bidang Jasa Konstruksi, Dinas PUTR Pangkep Herman menjelaskan jika peserta yang dihadirkan pada bimtek tersebut berasal dari utusan dari perusahaan jasa konstruksi dan sejumlah pengawas konstruksi.

“Kita undang sebanyak 50 peserta, baik dari pengawas hingga perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi, dan tentu kegiatan ini sangat penting agar pihak yang terlibat didalam penyelenggaraan jasa, lebih memahami pentingnya keselamatan dibidang konstruksi.” Jelas Herman.

Sementara itu Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) yang turut hadir di hari kedua penyelenggaraan bimtek, sekaligus membuka secara resmi kegiatan, berharap para peserta serius dalam mengikuti materi yang dihadirkan penyelenggaran.

“Saya minta peserta betul betul memperhatikan materi yang disiapkan, karena ini sangat penting dan tentu bermanfaat khususnya menyangkut keselamatan kerja bagi para pekerja konstruksi,” ungkap MYL, Selasa (01/11/2022).

MYL berharap setelah bimtek usai, pengetahuan dan kemampuan peserta dalam hal keselamatan lebih baik lagi dan bisa diimplementasikan di lapangan.

“Diharapkan kegiatan ini, peserta mampu meningkatkan keahlian, melaksanakan norma K3 konstruksi serta menjamin terpenuhinya standar keamanan, dan standar mutu dalam setiap kegiatan jasa konstruksi, apalagi ini bersertifikasi,” tutup mantan ketua DPRD Pangkep tersebut.

Terpisah Kordinator Lembaga Pengembangan Kapasitas dan Kompetensi Masyarakat (LPKKM), Indah mengaku senang bisa bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Pangkep dalam hal ini Dinas PUTR.

“Jadi tentu, selain meningkatkan kualitas kerja konstruksi di Pangkep, secara keterampilan dan administrasi terpenuhi, jadi tidak hanya materi, bimtek ini akan diikuti kegiatan kunjungan kerja lapangan untuk melihat langsung seperti apa manajemen keselamatan di perusahaan,” singkat Indah.

Bimtek SMKK sendiri selain mengajarkan pentingnya keselamatan kerja, juga akan memunculkan ahli-ahli jasa konstruksi termasuk ASN yang terverifikasi SMKK, sehingga mereka selalu mengedepankan mutu dan kualitas konstruksi serta keselamatan serta kesehatan pekerja. (*)

  • Bagikan