Universitas yang Ada di Makassar Jadi Tuan Ramah Dalam Kegiatan Simposium Nasional ILP2MI

  • Bagikan
Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia (ILP2MI) yang diselenggarakan Departemen Pendidikan mengadakan kegiatan yang bernama Simposium Nasional.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia (ILP2MI) yang diselenggarakan Departemen Pendidikan mengadakan kegiatan yang bernama Simposium Nasional.

Kegiatan ini diselenggarakan di Kota Makassar yang tepatnya di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan Simposium nasional ini diikuti oleh berbagai universitas yang ada di Indonesia. Dalam kegiatan ini terdiri dari dua lomba yakni lomba Karya Tulis Ilmiah dan lomba Poster.

Kegiatan Simposium Nasional ini bertemakan “The Role of Youth: Initiate Collaboration Awareness, And Recovery To Encourage G20 Goals”.

Tujuan dari kegiatan ini untuk menyebarkan iklim dan budaya ilmiah, wadah pengembangan potensi dan bakat dalam bidang penalaran, penelitian pada mahasiswa. Kegiatan ini diawali dengan mengadakan Seminar Nasiomal yang kemudian dilanjutkan dengan lomba Karya Tulis Ilmiah dan ditutup dengan kegiatan Field Trip
Muhammad Iksan Talib sebagai Ketua Panitia dalam kegiatan ini menyampaikan “Terima kasih kepada seluruh elemen-elemen yang turut terlibat aktif dalam persiapan hingga pelaksanaan Simposium Nasional.”

Andi Bau Makkarakka sebagai Koordinator Panitia Pengarah menyampaikan bahwa “Kita adalah pemuda, kita yang akan membawa perubahan. Wujud dari perpanjangan tangan dari pemimpin kita terdahulu. Pemuda adalah pembawa pengembangan, ide-ide dan gagasan kalian akan membawa Indonesia menuju suatu perubahan,” kata dia.

Sekretaris Jendral ILP2MI yang dalam hal ini diwakili oleh Sopyan Aldino menyampaikan “Simposium Nasional menjadi tujuan sebagai wadah mahasiswa. Insya Allah akan ada penemuan untuk membawa perubahan untuk bangsa Indonesia. Untuk teman-teman finalis tidak hanya berkompetisi, tetapi juga mendapatkan teman yang baru. Diharapkan selain berkompetisi, dapat membawa ilmu sampai dunia dan akhirat. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kesempatannya, ewako!”

Kemudian salah satu perwakilan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Sulawesi Selatan turut menyampaikan bahwa “Kita berharap dengan bersatunya riset dari berbagai bidang, dapat membawa inovasi yang ungguldan membawa perubahan. Masing-masing finalis membawa karyanya, dan saya berharap gagasannya dapat diaplikasikan”

Bapak Dr. Drs. H. A Sukri Nyompa, S. H., M. Si sebagai perwakilan dari Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Makassar turut menyampaikan sambutan.

“Saya berterima kasih kepada ILP2MI yang menyelenggarakan kegiatan nasional dari berbagai daerah di Indonesia. Selamat datang di Kota Makassar, selamat datang di Kota Daeng. Tidak lengkap rasanya kalau tidak pergi ke Pantai Losari sambil mencicipi pisang Epe’. Selamat datang anandaku, sudah datang di Kota Makassar. Saya mengapresiasi kepada ILP2MI sudah melakukan kegiatan Simposium Nasional, mendiskusikan berbagai aspek dalam kegiatan ini. Anda adalah pemuda, Anda adalah generasi pelanjut. Sebagai generasi muda perlu untuk membekali diri dengan ilmu pengetahuan. Tempat ini sebagai tempat mengasah dan melatih untuk berprestasi. Kita harus bangkit untuk menjadi agenda perubahan, sebagai harapan bangsa sebagai harapan generasi pelanjut dituntut untuk menciptakan perubahan. Kami berharap sebagai mahasiswa, gunakan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan intelektual untuk membawa perubahan. Sekali lagi selamat dan semangat mengikuti kegiatan Simposium Nasional tahun 2022”. jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah penelitian yang dipublikasi dan dilombakan serta menjadi wadah dalam penyaluran minat dan bakat mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antara mahasiswa di Indonesia yang memiliki ketertarikan di bidang penalaran dan penelitian. (*)

  • Bagikan