Pemkot Siapkan Rp60 Miliar Bangun Macca di Untia

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan membangun sport center atau Cor City Arena (Macca) di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya pada 2023 mendatang. Pemkot bakal menyiapkan anggaran sebesar Rp60 miliar untuk pembangunan Macca menggunakan APBD pokok 2023.

“Insyallah, saya coba cek anggarannya dapat Rp60 miliar. Jadi saya mau cepat tender,” ujar Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Rabu, (16/11/2022).

Pemkot Makassar sebelumnya telah menganggarkan sekitar Rp16 miliar untuk 10 hektar lahan di Untia dengan menggunakan APBD 2022. Nantinya, Macca akan dijadikan sebagai sport center menampung semua olah raga indoor.

Tidak hanya itu akan dibangun sirkuit balap bertaraf internasional di kawasan tersebut.

“Jadi tinggal kita packaging baik sistemnya agar investasinya bisa bermanfaat betul,” kata Danny. Luas lahan bakal digunakan sekitar 20 ribu meter persegi dan bisa menampung sebanyak lima ribu orang.

Saat ini, Danny mulai mempersiapkan desain gedung Macca, rencananya bulan ini akan selesai dan bulan depan langsung akan ditender.

“Kalau ada persoalan di ULP cari agen pengadaan dari luar. Bisa kita minta tolong dari Maros dari Unhas kita cari dari luar,” ucapnya.

Konsep desainnya sendiri, nantinya akan akan dibuat dinding yang bisa dijadikan sebagai lintasan tempat lari atau Jogging track, juga bisa digunakan untuk pedagang kaki lima untuk menjajakan daganganya di sana. Membuat jalanan melingkar menambahkan detail seperti gunung.

“Jadi bisa tempat lari, kita bikinkan jalan, melingkar, nanti kayak gunung-gunung. Orang lari-lari dan dia bisa digunakan untuk pusat kaki lima kalau tidak ada event maupun ada event. Mobil bisa naik ke atas,” jelas Danny Pomanto.

“Jadi pertama adalah emergency-nya (kedaruratan) sesuai standar, berapa menit orang terurai kalau ada emergency. Belajar dari Korea, belajar dari kanjuruhan,” jelas Danny Pomanto.

Orang-orang tidak akan berdesakan saat keluar melalui jalur darurat. Akan ada jalan khusus disediakan sepanjang delapan meter untuk keluar dari area tersebut.

“Oh sudah (dipikirkan), itu yang pertama untuk 5 ribu orang keluar dalam sekian menit,” tutup Danny. (*)

  • Bagikan