Pemprov Sulsel Kolaborasi Pemkot Gelar Bimtek Perpustakaan Kelurahan/Lorong

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel), bekerjasama dengan Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Perpustakaan, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perpustakaan Kelurahan/Lorong, di Hotel Bugis Parepare, Jumat (18/11/2022).

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan Parepare melalui Sekretaris Dinas Perpustakaan Parepare, Andi Herry Baso Rachim mengatakan, bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Apalagi, kata dia, Dinas Perpustakaan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memenuhi tujuan tersebut.

“Kehadiran perpustakaan tidak hanya diposisikan sebagai tempat sekadar tempat mengajak pemustaka membaca. Sebab, perannya jauh lebih urgen dari itu. Perpustakaan mesti dikelola sesuai dengan semangat transformasi yang diingingkan Perpustakaan Nasional,” katanya.

Herry menjelaskan, adapun transformasi yang dimaksud ada terdiri dari tiga unsur yakni peningkatan layanan informasi, pelibatan masyarakat, dan advokasi (kerja sama). Herry memaparkan, kegiatan membaca memiliki sekurang-kurangnya tiga tingkatan, pertama proses membaca seadanya, kedua proses membaca sekaligus memahami isinya serta ketiga proses mengamalkan hasil daripada bacaan. Fase ketiga tersebut, katanya, merupakan tingkatan tertinggi yang dapay menimbulkan efek sosial di tengah kehidupan masyarakat secara nyata.

“Tingkatan-tingkatan membaca inilah yang sering luput dari perhatian, dalam menumbuhkan budaya gemar membaca di tengah masyarakat. Sehingga, sering kali perpustakaan dianggap hanya bertugas untuk mengajak masyarakat membaca, tanpa peduli apakah yang dibacanya itu dipahami atau diamalkan dalam kehidupan, sehari-hari,” paparnya.

Mantan Kabid Pendapatan Dispenda Parepare ini mengapresiasi pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Sulsel yang melaksakan kegiatan ini di Parepare, sebagai tindakan nyata dalam mewujudkan tingkatan-tingkatan membaca.

“Kami berharap para peserta serius mengikuti bimtek ini, agar mendapatkan manfaat untuk perkembangan literasi di Parepare ke depannya,” tandasnya. (***)

  • Bagikan