FKG UMI Sukses Gelar BKGN 2022

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022 sukses digelar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muslim Indonesia (FKG UMI) bekerja sama dengan PT. Unilever, Rangkaian kegiatan BKGN berakhir kemarin setelah dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 17, 18 dan 21 November 2022.

Dekan FKG UMI, Prof. Moh. Dharma Utama, Ph.D, Sp.Pros(K), mengucap syukur atas lancar dan suksesnya rangkaian acara.

Menurutnya, bahwa kegiatan ini hadir untuk meningkatkan taraf kesehatan gigi dan mulut di Kota Makassar.

“Alhamdulillah berkat kerja keras seluruh civitas FKG UMI dan partisipasi seluruh masyarakat, kegiatan BKGN tahun ini berjalan dengan lancar dan dapat melebihi target awal,” ujarnya, Senin (21/11/2022).

Kegiatan BKGN tahun ini memiliki 3 ranting kegiatan, yakni School Health Program (SHP), Konsultasi online gratis (Teledentistry) dan Perawatan gigi gratis. SHP merupakan kegiatan dengan tujuan untuk mencetak dokter gigi cilik yang disiplin menjaga kesehatan gigi dan mulutnya,

Selain itu, hajatan ini berhasil diikuti oleh sebanyak 2124 siswa dari 6 sekolah dasar di Kota Makassar. Selain itu di ranting kegiatan lain, sebanyak 172 pasien berhasil mengakses Konsultasi gratis melalui aplikasi chat Whatsapp.

“Disini pasien dapat secara langsung berkonsultasi dan berdiskusi mengenai permasalahan gigi dan mulut dengan dokter gigi profesional FKG UMI,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini, kata dia maka pasien memiliki akses yang sangat mudah dalam mendapatkan informasi seputar kesehatan gigi dan mulut.

“Ranting kegiatan terakhir dan utama dari BKGN, yaitu Perawatan gigi gratis pun berhasil dilaksanakan selama 3 hari.Total pasien yang mendapatkan perawatan gigi gratis di RSIGM FKG UMI adalah sebanyak 402 pasien,” terangnya.

Prof. Dharma, menambahkan bahwasanya kegiatan BKGN ini merupakan kegiatan yang sangat positif untuk membangun semangat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“InsyaAllah setiap tahunnya FKG UMI akan menyelenggarakan kegiatan serupa secara kontinu, sehingga sangat diharapkan pastisipasi aktif dari seluruh masyarakat Kota Makassar,” pungkasnya.

Sedangkan, Ketua panitia BKGN, drg. Sari Aldilawati, M.Kes, mengatakan bahwa di awal panitia hanya menargetkan sebanyak 300 pasien. Namun karena antusias masyarakat yang begitu besar maka alhamdulillah pasien yang dirawat dapat melebihi target.

“Adapun perawatan gigi gratis yang diberikan yaitu pembersihan karang gigi, penambalan gigi dan pencabutan gigi,” singkatnya. (*)

  • Bagikan