Gempa Susulan di Cianjur Masih Berlangsung, Terkini Berkekuatan Magnitudo 2,2

  • Bagikan
Kondisi pasca gempa di Cianjur

BANDUNG, BACAPESAN.COM – Gempa susulan kembali guncang Cianjur Jawa Barat dengan kekuatan magnitudo 2,2 pada Kamis 24 November 2022.

“Pusat gempa berada di darat 1 km timur laut Kab. Cianjur,” tulis BMKG melalui akun Twitter resminya @infoBMKG, Kamis tadi.

Gempa tersebut dirasakan pada skala MMI II di Cianjur. BMKG mengimbau warga berhati-hati dengan potensi gempa susulan.

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” katanya.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, intensitas gempa susulan di Kabupaten Cianjur akan semakin melandai dalam waktu empat hari kedepan sejak 22 November yang lalu.

Rabu kemarin 23 November 2022 jumlah gempa susulan tercatat sudah sebanyak 162 kali gempa dengan magnitudo terbesar 4.2 dan terkecil pada magnitudo 1.2.

“Gempa-gempa susulan itu sebagian besar tidak dirasakan, dan yang bisa mencatat adalah alat, dan ada beberapa yang dapat dirasakan. InsyaAllah, dalam kurun waku empat hari ke depan, gempa-gempa susulan tersebut sudah reda dan stabil,” ungkap Dwikorita di Cianjur, Rabu 23 November.

Tercatat hingga pada Rabu 23 November, korban meninggal akibat gempa Cianjur sudah mencapai 271 orang dan 40 orang lainnya masih dalam pencarian Tim SAR.

Sementara itu, korban luka tercatat 2.043 orang dan mengungsi 61.908 orang.

Sedangkan kerugian materil sebanyak 56.320 rumah alami kerusakan dengan rincian rusak berat 22.241 unit rumah, rusak sedang 11.641 unit rumah dan rusak ringan 22.090 unit rumah.

Fasilitas umum lainnya juga turut terdampak, antara lain 31 unit sekolah, 124 tempat ibadah, tiga fasilitas kesehatan, dan tiga belas gedung perkantoran. (fin/*)

  • Bagikan