Dibuka Kadis Diskop UMKM, Pesta Nasabah Mikro Berlangsung Meriah

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- Permodalan Nasional Madani (PNM) resmi membuka perhelatan Pesta Nasabah Mikro di Benteng Rotterdam, Sabtu (26/11/2022).

Dihadiri 150 UMKM binaan baik dari Sulawesi Selatan, Ambon, Maluku dan Papua, kegiatan ini sukses terlaksana secara meriah.

Kadis Koperasi dan UMKM Makassar, Dra Sri Sulsilawati yang hadir membuka kegiatan tersebut memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang juga menghadirkan penandatanganan MoU antara PNM dan Dinas Koperasi dan UMKM ini.

“Kami mengapresiasi pelaksanaan kegiatan hari ini dimana PNM menunjukan komitmen mendukung dan mendorong UMKM. Apalagi kegiatan ini dapat membantu dalam digitalisasi dan pemberian akses keuangan,” ucapnya.

“Kami dari pemerintah kota Makassar juga menghadirkan berbagai program.
Saat ini dari Dinas Koperasi dan UMKM sudah melakukan pendataan dengan melibatkan RT RW. Total Ada 19 ribu lebih pengusaha mikro dengan 16 jenis usaha.
Kita berharap nanti kerja sama yang intens dapan dilakukan dalam mendukung program pemerintah Makassar. Terutama untuk akses permodalan,” sambung Sri.

Direktur Perencanaan Startegi dsn Keuangan, Ninis Kesuma Andriani
mengatakan, PNM sejak berdiri telah memiliki tujuan membantu kalangan UMKM sehingga sejak berdiri di tahun 1999 telah membantu mendapatkan akses permodalan

“Produk kami yang menjadi unggulan adalah memberi pinjaman kepada kelompok pra sejahtera. Memang menjalankan tugas ini tidak mudah, apalagi memberi permodalan kepada nasabah yang belum punya bisnis kemudian mereka memiliki usaha. Dari situ kita memberi modal finansial dan juga intelektual,” ucap Ninis

Sementara itu, Pemimpin Cabang PNM Makassar Maimun Bakri mengatakan selain menggelar kegiatan ini pihaknya juga mengupayakan pemberian NIB atau Nomor Ijin usaha kepada para UMKM.

“Ada 1225 UMKM yang kita upayakan mendapat NIB di Sulawesi Selatan. Kalau di dunia usaha itu NIB seperti KTP usaha jadi mudah jika ingin melakukan ekspor misalnya,” jelas Maimun.

“Harapannya mereka semakin besar omset dan networkingnya. Dan yang paling penting mendapat pengalaman, mereka ini kami fasilitasi hanya membawa diri dan produk usahanya pada kegiatan kali ini,” harapnya. (*)

  • Bagikan