Tanah Longsor Italia: Lima Mayat Ditemukan Saat Penyelamatan Berlanjut

  • Bagikan
Anggota tim penyelamat berusaha mengeluarkan mobil dari laut

ITALIA, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID– Akun memilukan muncul dari saat-saat terakhir para korban tanah longsor yang kuat melanda pulau Ischia, Italia pada hari Sabtu.

Ayah dari seorang wanita berusia 30-an menceritakan bagaimana dia meneleponnya untuk meminta bantuan saat tebing diatasnya mulai menimpa dirinya, tetapi dia tidak dapat menyelamatkannya.

Anaknya tersebut adalah salah satu dari lima mayat yang ditemukan oleh tim penyelamat, tetapi setidaknya sembilan orang masih hilang di pulau lepas pantai Naples.

Semburan lumpur dan puing-puing menghancurkan rumah dan menyeret mobil ke laut.

Itu terjadi setelah berhari-hari hujan tanpa henti di Italia selatan, tetapi sekarang cuaca telah mereda, skala kehancuran menjadi jelas.

Lebih dari 100 petugas pemadam kebakaran, serta penyelam dan unit pemindah tanah, telah dikerahkan ke Ischia untuk mencoba membersihkan jalanan yang dipenuhi puing-puing.

Kendaraan yang hancur ditumpuk satu sama lain, dihancurkan oleh kekuatan tanah longsor yang jejak kehancurannya tak terhapuskan menandai lanskap pulau wisata yang populer ini.

Seperti Capri di dekatnya, Ischia, di Laut Tyrrhenian, adalah tujuan liburan bagi orang asing dan Italia. Hal itu ditampilkan dalam seri buku Novel Neapolitan oleh Elena Ferrante dan menjadi latar belakang film 1999 The Talented Mr Ripley.

Masalah utama di pulau itu, bagaimanapun bahwa sekitar separuh rumah dibangun secara ilegal sehingga tidak dapat menahan kekuatan tanah longsor dan gempa bumi.

Nello Musumeci, menteri perlindungan sipil, mengatakan kepada surat kabar Il Messaggero bahwa Italia membutuhkan “rencana adaptasi nasional terhadap perubahan iklim” untuk memastikan bangunan dan infrastruktur dapat menahan fenomena yang semakin sering terjadi seperti hujan deras. “Mengamankan wilayah kita adalah pekerjaan publik terbesar yang harus kita selesaikan dalam beberapa tahun ke depan. Jika tidak, kita akan meratapi lebih banyak orang lagi,” katanya.

Pemerintah telah menyetujui keadaan darurat, mengalokasikan jumlah awal €2 juta (£1,7 juta) untuk membantu membangun kembali rumah.

Dalam gambar: Buntut dari tanah longsor Italia
Pihak berwenang mengatakan mereka telah menemukan mayat lima orang sejauh ini.

Seorang wanita berusia 30-an, yang suaminya masih hilang, memanggil ayahnya untuk meminta bantuan ketika tanah mulai pecah dari gunung, tetapi dia tidak dapat menghubunginya karena semburan lumpur yang mengelilingi rumah. Saat petugas penyelamat berhasil mengarungi puing-puing, wanita itu sudah tewas.

Mayat seorang wanita tua juga ditemukan pada hari Minggu, serta seorang gadis muda berusia lima atau enam tahun yang orang tua, saudara laki-laki dan pamannya dilaporkan masih hilang.

Pada Minggu sore, petugas darurat mengatakan mereka telah menemukan mayat keempat. Rincian identitas korban itu masih belum diketahui.

Warga didesak untuk tinggal di rumah agar tidak menghalangi layanan darurat dalam upaya mereka.

Hingga 155mm (6.1in) hujan turun di Ischia selama enam jam, menyebabkan tanah longsor pada Sabtu dini hari.

Semburan lumpur menumbangkan pepohonan, menenggelamkan gedung-gedung dan menghanyutkan mobil-mobil serta rumah-rumah penduduk.

Hujan lebat melanda Campania, wilayah sekitar Napoli dan Ischia, selama beberapa hari.

Pada hari Kamis, dua orang tewas akibat cuaca buruk di wilayah tersebut. Seorang turis Argentina tenggelam setelah tersapu ke laut saat badai pantai, sementara seorang pria tersambar petir di pantai. (bbc/*)

Referensi:

https://www.bbc.com/news/world-europe-63773421

  • Bagikan