Penyanyi Dua Lipa Diberikan Gelar Kewarganegaraan Albania

  • Bagikan
Dua Lipa dan Presiden Albania Bajram Begaj

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Bintang pop Dua Lipa telah diberikan gelar kewarganegaraan Albania karena mempromosikan negara melalui musik dan ketenarannya.

Bintang itu lahir di London pada tahun 1995 dari orang tua Kosovo-Albania, dan sempat kembali ke wilayah tersebut saat remaja.

Presiden Albania Bajram Begaj mengatakan Lipa telah membuat negaranya “bangga dengan karir globalnya dan keterlibatannya dalam tujuan sosial yang penting”.

Pelantun New Rules itu mengatakan “kegembiraan besar yang tak terlukiskan” untuk menerima kewarganegaraan.

Usai berfoto bersama Presiden Begaj di Balai Kota Tirana, Lipa mengambil sumpah kewarganegaraan, memberikan sidik jarinya dan menandatangani formulir permohonan KTP dan paspor.

Orang tua Lipa meninggalkan Kosovo sekitar tahun 1992, karena ketegangan yang akhirnya menyebabkan perang 1998-9 mulai mengemuka.

Kakek dari Lipa, yaitu Seit Lipa, adalah kepala Institut Sejarah Kosovo ketika ditargetkan untuk ditutup oleh hukum Serbia pada tahun 1992, sebuah langkah yang dilakukan oleh pelapor khusus untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa yang kemudian disebut sebagai tanda pelanggaran hak asasi manusia yang berkembang.

Menetap di Camden, keluarga tersebut membesarkan Lipa dengan kesadaran akan budayanya, dengan bahasa Albania tetap menjadi bahasa pertamanya bahkan saat dia jatuh cinta dengan bintang pop Barat seperti Pink dan Nelly Furtado.

Tetapi orang tuanya selalu berniat untuk pulang – yang mereka lakukan setelah Lipa meninggalkan sekolah dasar pada usia 11 tahun.

“Butuh waktu sangat lama untuk menemukan jati diri saya di sana,” katanya kepada NPR awal tahun ini. “Sangat menarik untuk membahasnya pada usia 11 tahun, tetapi saya pikir saya tidak akan mengubahnya untuk dunia karena itu benar-benar membantu saya menjadi diri saya sendiri”.

Akhirnya, penyanyi tersebut memutuskan untuk kembali ke London untuk mengejar impiannya berkarir menyanyi, tinggal bersama seorang teman keluarga sampai dia berusia 16 tahun.

“Saya kira itu menakutkan bagi [orang tua saya]”, katanya Berita BBC pada tahun 2016. “Tapi saya terus-menerus menelepon mereka: ‘Oke, saya sudah bangun. Oke, saya di sekolah. Oke, Saya kembali ke rumah.’

“Bagi mereka itu pasti merupakan rollercoaster emosi. Bagi saya, itu adalah waktu terbaik dalam hidup saya.”

Sejak menemukan ketenaran dengan lagu-lagu hits seperti New Rules, Be The One, Don’t Start Now dan Levitating, penyanyi ini telah berusaha untuk menghormati warisannya.

Pada tahun 2018, dia mendirikan Sunny Hill Festival bersama ayahnya, mengumpulkan uang untuk Sunny Hill Foundation, yang membantu mereka yang rentan dan membutuhkan.

Dia akan menyelesaikan tur dunianya di ibu kota Albania, Tirana, minggu ini, dengan pertunjukan yang menandai peringatan 110 tahun kemerdekaan negara itu dari Kekaisaran Ottoman.

Namun, dukungannya untuk Albania memicu reaksi balik pada tahun 2020 setelah dia memposting peta yang menunjukkan Albania, Kosovo, dan bagian dari negara tetangga Balkan sebagai satu negara, dengan tulisan yang menunjukkan bahwa orang Albania adalah penduduk asli daerah tersebut.

Gambar kontroversial dikaitkan dengan ultra-nasionalis yang percaya perbatasan Albania harus diperluas.

Bintang pop itu dengan cepat meredam kritik, dengan mengatakan postingannya “tidak pernah dimaksudkan untuk menghasut kebencian”.

“Itu membuat saya sedih dan marah karena postingan saya sengaja disalah tafsirkan oleh beberapa kelompok dan individu yang mempromosikan separatisme etnis, sesuatu yang saya tolak sepenuhnya,” tulisnya dalam sebuah pernyataan.

“Kita semua layak bangga dengan etnis kita dan dari mana kita berasal. Saya hanya ingin negara saya terwakili di peta dan dapat berbicara dengan bangga dan gembira tentang akar Albania saya dan negara ibu saya.” (BBC*)

Referensi :

https://www.bbc.com/news/entertainment-arts-63779910

  • Bagikan