Taliban Pakistan Mengklaim Ledakan Bunuh Diri Menewaskan Empat Orang

  • Bagikan
Bom bunuh diri Taliban Pakistan, 4 orang meniggal dunia.

MAKASSAR, BACAPESAN.CO.ID – QUETTA: Empat orang tewas dan 27 luka-luka pada Rabu (30 November) ketika seorang pembom bunuh diri menargetkan sebuah truk polisi di Pakistan barat, sebuah serangan yang diklaim oleh cabang domestik Taliban.

Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), terpisah dari Taliban Afghanistan tetapi berbagi ideologi Islam garis keras yang sama, awal pekan ini membatalkan gencatan senjata selama berbulan-bulan yang disepakati dengan Islamabad dan memerintahkan para pejuangnya untuk melanjutkan serangan di seluruh negara.

Pejabat polisi senior Azhar Mehesar mengatakan kepada AFP bahwa ledakan hari Rabu menargetkan pasukan keamanan di sebuah truk yang bersiap untuk mengawal pemberi vaksin polio di kota Quetta.

Wasim Baig, juru bicara departemen kesehatan provinsi, mengatakan kepada AFP bahwa seorang polisi, seorang wanita sipil, dan dua anak tewas.

“Yang terluka termasuk 21 polisi dan dua anak,” katanya.

Dalam sebuah pernyataan, TTP mengatakan seorang “pejuang suci” meledakkan sebuah bom mobil di dekat pos bea cukai untuk membalas pembunuhan anggota pendiri Umar Khalid Khurasani selama gencatan senjata.

“Operasi balas dendam kami akan berlanjut,” tambah pernyataan itu.

Ledakan itu membuat truk polisi beratap terpal tergeletak di pinggir jalan.

Potongan-potongan logam berserakan di tempat kejadian, dengan kendaraan lain – diduga telah digunakan dalam serangan itu – berubah menjadi hangus.

TTP didirikan pada 2007 oleh jihadis Pakistan yang berjuang bersama Taliban di Afghanistan pada 1990-an sebelum menentang dukungan Islamabad untuk intervensi pimpinan AS di sana setelah 9/11.

Untuk beberapa waktu mereka menguasai wilayah yang luas dari sabuk kesukuan Pakistan, memaksakan interpretasi radikal dari hukum Islam dan wilayah patroli hanya 140 kilometer (85 mil) dari ibukota Pakistan.

SERANGAN SEKOLAH
Militer Pakistan turun drastis setelah tahun 2014 ketika militan TTP menyerbu sekolah untuk anak-anak personel militer dan menewaskan hampir 150 orang, kebanyakan dari mereka murid.

Pejuangnya sebagian besar dialihkan ke negara tetangga Afghanistan, tetapi Islamabad mengklaim bahwa Taliban di Kabul sekarang memberi TTP pijakan untuk melancarkan serangan melintasi perbatasan.

Pada tahun sejak Taliban kembali berkuasa di Afghanistan, Pakistan telah mengalami lonjakan 50 persen dalam serangan militan, menurut Pak Institute for Peace Studies (PIPS).

Sebagian besar serangan ini difokuskan di provinsi barat Khyber Pakhtunkhwa dan Balochistan, yang bertetangga dengan Afghanistan.

Serangan sekolah tahun 2014 sangat mengejutkan Pakistan, dan sejak itu TTP berjanji hanya akan menargetkan pasukan keamanan negara.

Afghanistan dan Pakistan adalah satu-satunya negara di dunia di mana polio endemik.

Ada perlawanan terhadap kampanye vaksin di daerah pedesaan dan di antara komunitas konservatif yang secara keliru percaya bahwa mereka adalah upaya untuk mensterilkan mereka.

Tim vaksinasi polio secara rutin dikawal oleh polisi di wilayah barat, dan TTP secara rutin menyergap petugas di daerah terpencil yang bergolak.

Pejabat Pakistan pada hari Senin meluncurkan kampanye imunisasi selama seminggu yang bertujuan untuk menyuntik lebih dari 13 juta anak yang tinggal di “distrik berisiko tinggi”.

Pada bulan April, Pakistan melaporkan kasus polio pertamanya dalam 15 bulan. Sejak itu 20 kasus telah dilaporkan, menurut program End Polio Pakistan yang didanai pemerintah. (CNA/*)

Referensi :

https://www.channelnewsasia.com/asia/pakistan-taliban-claim-suicide-blast-killing-four-3111616

  • Bagikan