Virus Covid Yang Menular Dapat Bertahan Di Beberapa Bahan Makanan Selama Berhari-hari

  • Bagikan

BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- Virus Corona dapat berada di beberapa bahan makanan siap saji selama berhari-hari, demikian konfirmasi para pakar Inggris.

Para ilmuwan melakukan tes untuk Badan Standar Makanan dengan sengaja menyebarkan virus ke kemasan dan produk makanan, termasuk buah, kue kering, dan minuman kemasan. Mereka memilih barang-barang yang mungkin dimasukkan orang ke dalam mulut mereka tanpa dimasak atau dicuci.

Risiko bagi konsumen tetap sangat rendah, kata mereka.
Laporan mereka mengatakan perlu dicatat bahwa “makanan dan kemasan yang dianggap sebagai bagian dari penelitian ini diinokulasi secara artifisial dengan Sars-Cov-2 dan oleh karena itu bukan cerminan dari tingkat kontaminasi yang ditemukan pada makanan ini secara eceran, dan tingkat kontaminasi yang lebih rendah akan membutuhkan lebih sedikit waktu untuk menurun ke tingkat yang tidak terdeteksi.”

Temuan ‘yang patut diperhatikan’

Untuk sebagian besar produk makanan yang diuji, ada “penurunan yang signifikan” pada tingkat virus selama 24 jam pertama.

Namun dalam beberapa kasus, jejak bertahan selama sekitar satu minggu, demikian temuan tim University of Southampton.

“Untuk agen yang sangat menular seperti Sars-Cov-2, yang dapat ditularkan melalui sentuhan permukaan yang terkontaminasi dan kemudian wajah, temuan ini sangat penting,” kata mereka.

“Masyarakat mungkin tertarik dengan temuan bahwa virus dapat bertahan dalam keadaan menular, pada makanan dan permukaan kemasan makanan, selama beberapa hari dalam kondisi umum tertentu.”

Tetapi mereka menambahkan bahwa pembeli tidak perlu melakukan tindakan pencegahan ekstra saat menangani makanan – selain mencuci tangan sebelum menyiapkan dan memakannya, dan membilas produk segar untuk membantu menghilangkan kontaminasi di permukaan.

Mereka memilih makanan yang sering dijual bebas di toko bahan makanan, deli atau toko roti, seperti apel, paprika, keju, ham, zaitun, roti kering, dan croissant.

Kemasan yang diuji meliputi botol minuman, karton dan kaleng.

Jumlah virus yang mereka aplikasikan dirancang untuk mensimulasikan seberapa banyak kemungkinan mendarat di makanan jika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin di dekatnya, misalnya karena Covid disebarkan melalui tetesan pernapasan.

Menghirup tetesan yang terinfeksi, alih-alih menyentuh permukaan yang terinfeksi, masih menjadi cara utama orang tertular Covid.

Anthony Wilson, pemimpin tim penilaian risiko mikrobiologi di FSA, mengatakan: “Pada tahap awal pandemi, kami tidak tahu banyak tentang bagaimana virus bertahan hidup pada permukaan dan kemasan makanan yang berbeda, jadi penilaian risiko didasarkan pada sebuah asumsi terburuk.

“Penelitian ini memberi kami wawasan tambahan tentang stabilitas virus corona pada permukaan berbagai makanan dan menegaskan bahwa asumsi yang kami buat pada tahap awal pandemi sudah tepat, dan bahwa kemungkinan Anda dapat tertular Covid melalui makanan sangat rendah. .”

Tes makanan
Tim memeriksa berbagai suhu dan tingkat kelembapan untuk meniru kondisi penyimpanan pada umumnya, mengukur tingkat inaktivasi virus, dan menemukan:

Buah dan sayuran segar
Virus tampaknya bertahan lebih lama pada produk dengan permukaan yang tidak rata – brokoli dan raspberry – daripada pada yang berkulit halus seperti apel (walaupun beberapa paprika segar yang di dinginkan memiliki virus yang terdeteksi seminggu kemudian).

Apel mengandung bahan kimia alami di kulitnya yang mungkin mulai memecah virus Covid dalam beberapa menit atau jam, kata para ilmuwan.

Makanan yang dipanggang
Kue-kue seperti pain atau coklat tampaknya memiliki sedikit virus setelah beberapa jam – mungkin karena dilapisi dengan lapisan halus olesan telur selama dipanggang, kata para ilmuwan FSA. Telur mengandung asam arakidonat yang mungkin memiliki efek antivirus.

Barang deli
Keju dan daging dingin, dengan kandungan protein dan lemak yang tinggi, tampaknya memungkinkan virus bertahan selama berhari-hari – mungkin seminggu.

Minuman dan wadah makanan siap saji
Covid dapat bertahan hingga seminggu di permukaan plastik. Untuk karton, bisa beberapa hari. Untuk kaleng aluminium, mungkin hanya berjam-jam, kata para peneliti. (BBC/*)

REFERENSI :
BBC NEWS

https://www.bbc.com/news/health-63819818

  • Bagikan