Perang Ukraina: Gelombang Ke-8 Serangan Rudal Rusia

  • Bagikan
Ukraina mengatakan pihaknya menembak jatuh sebagian besar dari 70 rudal yang ditembakkan oleh Rusia

UKRAINA, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID.– Rusia telah menembakkan rentetan rudal ke sasaran di seluruh Ukraina untuk kedelapan kalinya dalam delapan minggu.

Dilaporkan telah terjadi gangguan signifikan pada jaringan listrik, terutama di bagian timur. Di selatan, Odesa tanpa listrik. Ukraina mengatakan empat orang tewas.

Tapi serangan yang terjadi hampir dua minggu setelah yang terakhir, mungkin menimbulkan lebih sedikit kerusakan daripada serangan sebelumnya.

Ukraina mengatakan telah menembak jatuh 60 dari 70 rudal yang ditembakkan oleh Rusia. Moskow mengatakan itu mencapai semua 17 targetnya.

Dalam pidato videonya pada Senin malam, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan serangan itu juga mengenai pasokan listrik di negara tetangga Moldova.

“Ini sekali lagi membuktikan bahwa kemampuan Rusia untuk melakukan serangan teroris besar-besaran merupakan ancaman tidak hanya bagi Ukraina, tetapi juga bagi seluruh wilayah kita.”

Serangan Rusia sebelumnya telah menghantam jaringan energi Ukraina, menyebabkan jutaan orang tanpa listrik dan panas saat musim dingin tiba.

Peringatan bahwa Rusia sedang merencanakan gelombang serangan baru telah beredar selama beberapa hari. Mereka akhirnya tiba hanya beberapa jam setelah serangkaian ledakan di dua pangkalan udara jauh di dalam Rusia, yang menurut Moskow dilakukan oleh drone Ukraina yang dicegat oleh pertahanan udara Rusia.

Tiga prajurit tewas dan dua pesawat rusak ringan dalam ledakan itu, kata kementerian pertahanan Rusia. Ukraina belum berkomentar.

Rusia menyalahkan Ukraina atas serangan di dua lapangan terbang
Bagi para insinyur kelistrikan Ukraina yang kesulitan, serangan rudal hari Senin kemungkinan berarti putaran perbaikan darurat lainnya, sering kali ke fasilitas yang terkena serangan berulang kali dalam beberapa pekan terakhir.

Sebelum serangan hari ini, para pejabat di Kyiv berbicara tentang beralih dari pemadaman darurat yang sangat mengganggu, yang sering berlangsung selama berjam-jam, ke pemadaman listrik terjadwal yang lebih dapat dikelola yang menawarkan prediktabilitas yang sangat dibutuhkan warga sipil.

Rencana itu sekarang mungkin ditunda, tetapi tampaknya kerusakan pada hari Senin tidak sebesar serangan sebelumnya.

Fitur lain yang mencolok dari serangan Rusia terbaru adalah tidak adanya drone “kamikaze” buatan Iran.

Pejabat Ukraina baru-baru ini mengatakan Rusia telah menggunakan pasokan kendaraan tak berawaknya. Pejabat militer Ukraina lainnya mengatakan cuaca dingin telah mencegah Rusia untuk mengerahkan mereka.

Bagaimanapun juga, mereka tampaknya tidak digunakan sejak pertengahan November.

Rusia memulai serangan terkoordinasi berskala besar terhadap jaringan listrik Ukraina pada 10 Oktober. Sejak itu, sekitar setengah dari infrastruktur energi negara itu telah rusak, membuat jutaan warga Ukraina terputus dari listrik saat suhu musim dingin turun di bawah nol.

Apakah menyerang jaringan listrik Ukraina merupakan kejahatan perang?
Beberapa pemimpin Barat menyebut strategi itu sebagai kejahatan perang, karena banyaknya kerusakan yang terjadi pada infrastruktur sipil. Serangan terhadap jaringan listrik belum tentu merupakan pelanggaran hukum internasional, tetapi harus proporsional dengan keuntungan militer yang diperoleh.

Para ahli mengatakan bahwa taktik Rusia menyerang infrastruktur energi kemungkinan besar dirancang untuk melemahkan semangat dan meneror penduduk, daripada mendapatkan keuntungan militer yang nyata. Ini akan menjadi pelanggaran hukum internasional, sebagaimana ditetapkan oleh Protokol Tambahan I Konvensi Jenewa . (BBC/*)

REFERENSI:

BBC NEWS

https://www.bbc.com/news/world-europe-63863138

  • Bagikan