Tanah longsor Kolombia: Puluhan Orang Tewas Tertimbun Longsor

  • Bagikan
Sebagian lereng gunung runtuh dan menimbun setidaknya tiga kendaraan

BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Tanah longsor di jalan di provinsi Risaralda di Kolombia barat telah menewaskan sedikitnya 27 orang, kata presiden negara itu.

Sebuah bus penuh penumpang berada di antara beberapa kendaraan yang tertimbun lumpur dan bebatuan, yang terguling menuruni lereng bukit setelah hujan lebat.

Salah satu penumpang membantu istri dan dua anaknya keluar dari bus sebelum dia tertimbun dan meninggal.

Setidaknya tiga anak termasuk di antara mereka yang tewas, kata Presiden Gustavo Petro.

Longsor terjadi pada dini hari Minggu pagi (4/12) waktu setempat di jalan menuju provinsi utara Chocó.

Saksi mata mengatakan sebuah bus antarkota, sebuah jip, dan sebuah sepeda motor berhenti di jalan karena sebuah kecelakaan mobil jauh di depan ketika bagian dari lereng bukit runtuh menimpa mereka.

Bus tersebut diperkirakan memiliki dua pengemudi dan 25 penumpang saat berangkat, tetapi lebih banyak penumpang yang naik di sepanjang jalan.

Salah seorang yang tewas di dalam bus diidentifikasi sebagai Guillermo Ibargüen. Putranya Andrés memberi tahu Berita Caracol bahwa “Ayah membantu saya keluar dari bus melalui lubang kecil”.

“Saya harus menceburkan diri ke jurang. Ketika saya melompat, lumpur menutupi semuanya,” katanya.

Ibargüen juga membantu istri dan putrinya melarikan diri dari bus tepat waktu.

Sedikitnya sembilan orang selamat dari tanah longsor, termasuk seorang gadis yang dilihat penyelamat menempel di tubuh ibunya yang telah meninggal.

Tanah longsor tidak jarang terjadi di Kolombia, terutama di musim hujan, dan jalan pegunungan sering kali terpotong oleh lumpur dan bebatuan. (BBC/*)

REFERENSI:

BBC NEWS

https://www.bbc.com/news/world-latin-america-63859430

  • Bagikan