Cristina Fernandez: Wakil Presiden Argentina Dinyatakan Bersalah Melakukan Korupsi

  • Bagikan
Cristina Fernandez de Kirchner dinyatakan bersalah melakukan korupsi

MAKASSAR, BACAPESAN.CO.ID – Pengadilan di Argentina telah menghukum Wakil Presiden Cristina Fernandez de Kirchner enam tahun penjara karena korupsi dalam kasus yang mengguncang negara tersebut.

Fernández, 69, dinyatakan bersalah atas “penipuan administrasi” atas pemberian kontrak pekerjaan umum kepada seorang teman.

Tapi dia tidak mungkin menjalani hukuman penjara.

Fernandez memiliki kekebalan melalui peran pemerintahannya dan diperkirakan akan meluncurkan proses banding yang panjang.

Dia juga telah dilarang dari jabatan publik seumur hidup, tetapi akan melanjutkan perannya sebagai wakil presiden sementara kasusnya melewati pengadilan yang lebih tinggi.

Jaksa menuntut hukuman penjara 12 tahun.

Fernandez mengatakan tuduhan terhadapnya bermotif politik. Berbicara setelah vonis, dia menggambarkan dirinya sebagai korban “mafia peradilan”, lapor kantor berita Associated Press.

Sebelum putusan, dia juga menuduh jaksa berbohong dan memfitnah dirinya.

Ini adalah pertama kalinya seorang wakil presiden dihukum karena kejahatan saat menjabat di Argentina.

Jaksa mengatakan Fernandez telah memimpin kemitraan yang melanggar hukum selama dia menjadi presiden Argentina dari 2007 hingga 2015.

Mereka mengatakan dia telah membuat skema suap yang mengarahkan kontrak pekerjaan publik yang menguntungkan kepada temannya dengan imbalan suap.

Pengusaha Lazaro Baez, pemilik perusahaan konstruksi yang dituduh sebagai penerima manfaat utama dari skema tersebut, juga dijatuhi hukuman enam tahun penjara. Dia telah dijatuhi hukuman 12 tahun penjara tahun lalu karena pencucian uang.

Sebelas orang lainnya diadili. Tujuh dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman antara tiga setengah dan enam tahun penjara, tiga dibebaskan dan satu kasusnya dibatalkan.

Jaksa mengatakan bahwa mereka menemukan kejanggalan dalam puluhan tender pekerjaan umum yang diberikan di provinsi selatan Santa Cruz, kubu politik Fernandez. Banyak proyek konstruksi tidak pernah selesai.

Jaksa Diego Luciani menggambarkannya sebagai “mungkin operasi korupsi terbesar yang pernah diketahui negara”.

Dia juga mengatakan dugaan skema suap telah menyebabkan negara Argentina mengalami kerugian setidaknya $1 miliar (£818 juta).

Fernández dengan keras membantah semua tuduhan terhadapnya.

Kasus ini terbukti sangat memecah belah di Argentina, di mana para pendukung Fernandez – seorang politikus populis – mencintai dan membencinya dalam ukuran yang sama. Pendukung turun ke jalan di luar apartemennya di Buenos Aires untuk menunjukkan dukungan mereka kepada wakil presiden. Kadang-kadang, mereka berhadapan dengan kritik terhadap Fernandez, yang menuduhnya sebagai “pencuri”.

Dalam salah satu pertemuan pada 1 September itulah Fernandez menjadi sasaran upaya pembunuhan.

Pria itu telah didakwa dengan percobaan pembunuhan.

Meskipun dia telah dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara, Fernandez tidak akan langsung dikirim ke penjara.

Sebagai senator terpilih, dia menikmati tingkat kekebalan yang berarti bahwa dia akan dapat tetap bebas dan melanjutkan jabatannya sementara dia mengajukan banding atas putusan tersebut hingga ke Mahkamah Agung.

Karena proses banding bisa memakan waktu bertahun-tahun, dia diharapkan bisa mencalonkan diri lagi sebagai senat atau bahkan presiden pada pemilu 2023. (BBC/*)

Referensi :

https://www.bbc.com/news/world-latin-america-63872953

  • Bagikan