‘Umat Manusia Telah Menjadi Senjata Pemusnah Massal,’ Kata Ketua PBB

  • Bagikan
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres berbicara pada upacara pembukaan Konferensi Keanekaragaman Hayati Perserikatan Bangsa-Bangsa (COP15) di Plenary Hall of the Palais des congrès de Montréal di Montreal, Quebec, Kanada, pada 6 Desember 2022. (Foto oleh Andrej IVANOV / AFP )

MAKASSAR, BACAPESAN-Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada hari Selasa mengecam perusahaan multinasional karena mengubah ekosistem dunia menjadi “permainan keuntungan” dan memperingatkan kegagalan untuk memperbaiki arah akan menyebabkan bencana.

“Dengan selera kita yang tak berdasar untuk pertumbuhan ekonomi yang tidak terkendali dan tidak seimbang, umat manusia telah menjadi senjata pemusnah massal,” katanya, dalam pidato menjelang pembicaraan keanekaragaman hayati di Montreal.

Sejak menjabat pada tahun 2017, Guterres, mantan perdana menteri Portugis, menjadikan perubahan iklim sebagai isu andalannya.

Kecamannya yang berapi-api pada upacara pembukaan konferensi, yang dikenal sebagai COP15, mengungkapkan penderitaan tumbuhan dan hewan yang terancam punah di planet ini – sebuah krisis yang saling berhubungan – sama-sama dekat dengan hatinya.

Sebelum dia mengambil mimbar, sekelompok sekitar setengah lusin pengunjuk rasa Pribumi menyela pidato Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang menjadi tuan rumah bersama acara tersebut dengan China.

Mereka mengibarkan spanduk bertuliskan “Genosida Pribumi = Ekosida” dan “Untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati berhenti menyerang tanah kami,” dan meneriakkan beberapa menit sebelum mereka dikawal keluar, diiringi tepuk tangan meriah.

“Seperti yang Anda lihat, Kanada adalah tempat kebebasan berekspresi, di mana individu dan komunitas bebas mengekspresikan diri mereka secara terbuka dan kuat, dan kami berterima kasih kepada mereka karena telah berbagi perspektif mereka,” kata Trudeau menanggapi.

Pertemuan tersebut jangan disamakan dengan serangkaian pembicaraan PBB awal bulan ini, yang membahas tentang iklim dan disebut COP27.

– ‘Momen Paris’ untuk alam –
Hampir 200 negara telah berkumpul untuk pertemuan 7-19 Desember dalam upaya menuntaskan “momen Paris” untuk alam.

Tantangannya menakutkan: satu juta spesies terancam punah; sepertiga dari semua tanah sangat terdegradasi dan tanah subur hilang; sementara polusi dan perubahan iklim mempercepat degradasi lautan.

Bahan kimia, plastik, dan polusi udara mencekik tanah, air, dan udara, sementara pemanasan planet akibat pembakaran bahan bakar fosil menyebabkan kekacauan iklim — mulai dari gelombang panas dan kebakaran hutan hingga kekeringan dan banjir.

“kita memperlakukan alam seperti toilet,” kata Guterres blak-blakan.

“Dan pada akhirnya, kita melakukan bunuh diri dengan perantaraan” tambahnya – dengan dampak yang dirasakan pada pekerjaan, kelaparan, penyakit, dan kematian.

Kerugian ekonomi dari degradasi ekosistem, sementara itu, diperkirakan mencapai $3 triliun per tahun mulai tahun 2030.

Menjelang pembicaraan, AFP berbicara dengan Elizabeth Mrema, kepala Konvensi PBB tentang Keanekaragaman Hayati (CBD), yang mengatakan kegagalan bukanlah suatu pilihan.

“Agar kesepakatan Paris berhasil, keanekaragaman hayati juga harus berhasil. Agar iklim berhasil, alam harus berhasil, dan itulah mengapa kita harus menghadapinya bersama, ”katanya.

Rancangan target untuk kerangka kerja 10 tahun mencakup janji landasan untuk melindungi 30 persen daratan dan lautan dunia pada tahun 2030, menghilangkan subsidi penangkapan ikan dan pertanian yang berbahaya, mengatasi spesies invasif, dan mengurangi pestisida.

Tujuan baru ini akan sangat bergantung pada keterlibatan masyarakat adat, yang mengelola lahan yang merupakan rumah bagi sekitar 80 persen keanekaragaman hayati yang tersisa di Bumi.

Perpecahan telah muncul pada masalah utama pembiayaan, dengan negara-negara kaya di bawah tekanan untuk menyalurkan lebih banyak uang ke negara-negara berkembang untuk konservasi.

Harapan telah diredam oleh ketidakhadiran para pemimpin dunia: Trudeau dari Kanada akan menjadi satu-satunya yang hadir.

COP15 saat ini diketuai oleh China, tetapi tidak menjadi tuan rumah pertemuan tersebut karena pandemi Covid.(EAGLENEWS/*)

Referensi:

https://www.eaglenews.ph/humanity-has-become-a-weapon-of-mass-extinction-warns-un-chief/

  • Bagikan