Dewan Akui Masalah Drainase Pemicu Banjir

  • Bagikan
Gedung DPRD Makassar

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Hingga kini, persoalan banjir di kota Makassar menjadi perhatian Pemkot. Bahakan setiap musim penghujan, selalu ada genangan air tersisa.

Anggota DPRD Kota Makassar, Ari Ashari Ilham menilai permasalahan paling krusial yang dihadapi masyarakat Kota Makassar saat ini adalah banjir. Problem ini akibat pengelolaan drainase yang kurang maksimal.

“Kami turun ke dapil, di beberapa titik. Mayoritas masyarakat mengeluhkan perbaikan drainase. Ini perlu diselesaikan,” ujarnya, Rabu (7/12/2022).

Dia mencontohkan. Salah satu langganan banjir di Kompleks Hartaco Indah Blok 3M, RT 07 RW 06, Kalurahan Parangtambung, Kecamatan Tamalate, Makassar.

“Ada beberapa aduan warga yang pertama itu terkait permasalahan drainase dan ada beberapa titik jalan, mengingat Hartaco ini adalah perumahan tapi akhir-akhir ini sudah dijadikan tempat untuk jalan potong,” ungkapnya.

Sehingga, kata Ari, ada keluhan dari masyarakat untuk beberapa ruas jalan itu drainasenya ditutup tanpa ada pengerukan terlebih dahulu demi pelebaran jalan.

Begitu juga di BTN Jongaya Indah Kelurahan Jongaya, kata Anggota Komisi B DPRD Makassar ini, permasalahannya juga sama terkait perbaikan drainase yang buruk.

“Kita melaksanakan reses di tengah-tengah musim hujan, jadi memang aduan masyarakat sebagian besar untuk segera dilakukan pengerukan drainase,” terang Ketua Fraksi Nasdem DPRD kota Makassar ini.

Karena itu, sambung Ari, menjadi cambuk bagi Pemerintah Kota Makassar agar jangan melakukan pekerjaan perbaikan drainase atau pengerukan sedimen saat mendekati musim penghujan.

Karena istilahnya sudah musimnya mi baru bekerja, jadi kadang masyarakat baru menerima banjir datang, drainasenya pun baru dikerjakan.

“Sehingga usulan kepada pemerintah kota Makassar bahwa pekerjaan yang masuk ranah drainase itu dikerjakan di awal tahun, nanti pas musim hujan tidak ada lagi kendala banjir,” tegas Sekretaris DPD NasDem Makassar ini. (*)

  • Bagikan