Awan Gelombang Yang Langka Memukau Para Pengamat Langit di Wyoming

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.CO – Pengamat langit merasa sangat terpana, pasalnya di negara bagian Wyoming AS ia telah mengambil foto formasi awan langka yang menabrak cakrawala seperti ombak laut.

“Ini istimewa dan saya langsung tahu saya perlu mengabadikannya,” kata Rachel Gordon setempat.

Fenomena bergelombang terlihat pada hari Selasa di atas puncak Pegunungan Bighorn dari kota Sheridan.

Dikenal sebagai ketidakstabilan Kelvin-Helmholtz, mereka terbentuk ketika aliran udara yang lebih cepat bergerak di atas udara yang naik dari bawah.

Ms Gordon, yang mengatakan kepada BBC News dia mengambil gambar dari pintu belakang orang tuanya sebelum mempostingnya ke halaman Facebook Wyoming melalui The Lens, mengatakan: “Itu adalah momen yang menakjubkan.

“Aku senang orang lain bisa menikmati pemandangan itu juga.”

Matt Taylor dari BBC Weather mengatakan gambar-gambar itu adalah salah satu contoh awan Kelvin-Helmholtz paling menakjubkan dan epik yang pernah dilihatnya.

“Bagian dari keindahan awan Kelvin-Helmholtz adalah bahwa mereka benar-benar memperlihatkan fluiditas atmosfer,” katanya.

“Bagaimana, seperti ombak di lautan, atmosfer bergerak dan merespons lingkungan di sekitarnya. Air secara efektif naik dan berjatuhan dengan sendirinya.”

Formasi awan ini dinamai ilmuwan Lord Kelvin dan Hermann von Helmholtz, yang mempelajari fisika di balik fenomena tersebut.

Cloud Appreciation Society yang berbasis di Inggris menggambarkan formasi seperti itu sebagai permata mahkota dalam banyak koleksi pengadu awan.

Juga dikenal sebagai awan fluctus, mereka dipandang sebagai inspirasi yang mungkin untuk lukisan Van Gogh Starry Night. (BBC/*)

Referensi :

https://www.bbc.com/news/world-us-canada-63912257

  • Bagikan