Wieambilla: Enam Tewas Dalam Penembakan di Properti Terpencil Australia

  • Bagikan
Matthew Arnold and Rachel McCrow had only recently started their policing careers

MAKASSAR-BACAPESAN.CO.ID – Enam orang, termasuk dua petugas polisi, telah ditembak mati setelah diduga melakukan penyergapan di sebuah properti terpencil di Australia.

Polisi mengatakan mereka sedang mencari orang hilang di Wieambilla – 270km (168 mil) barat Brisbane, Queensland – ketika mereka ditembaki.

Setelah pengepungan yang lama, tiga tersangka ditembak mati oleh polisi. Motifnya masih belum jelas, kata pihak berwenang.

Perdana Menteri Anthony Albanese menyebutnya sebagai “hari yang memilukan” bagi Australia.

Empat petugas kepolisian Queensland awalnya mendatangi properti tersebut pada Senin sore waktu setempat, atas permintaan dari kepolisian New South Wales.

Polisi Matthew Arnold, 26, dan Rachel McCrow, 29, ditembak mati saat mereka mendekat. Petugas lain menderita “peluru tergores” dan yang keempat melarikan diri dari properti, kata polisi.

Seorang tetangga yang tidak disebutkan namanya, berusia 58 tahun, juga dibunuh oleh para tersangka selama pengepungan setelah melakukan penyelidikan.

Komisaris Polisi Queensland Katarina Carroll menggambarkannya sebagai “tragedi yang tak terbayangkan” dan korban jiwa terbesar dalam satu insiden selama bertahun-tahun.

“Petugas itu tidak punya kesempatan. Fakta bahwa dua orang keluar hidup-hidup adalah sebuah keajaiban,” katanya setelah mengunjungi tempat kejadian, Selasa.

Mr Arnold dan Ms McCrow relatif baru di kepolisian tetapi keduanya telah mendapatkan reputasi sebagai komitmen dan keberanian, kata Ms Carroll.

“Keduanya berusia di bawah 30 tahun. Keduanya memiliki karier yang luar biasa dan hidup di masa depan,” katanya, tampak emosional.

Sekelompok 16 petugas lokal telah “dengan berani” mencoba menyelamatkan pasangan itu – berharap mereka masih hidup – sebelum spesialis polisi tiba dan mengambil alih operasi, katanya.

Pengepungan berlangsung berjam-jam, sebelum para tersangka – dua pria dan satu wanita yang tidak disebutkan namanya – ditembak.

Dengan penyelidikan yang sedang berlangsung, Ms Carroll mengatakan dia tidak bisa mengatakan apakah polisi terpikat ke properti, atau mengomentari motif yang mungkin. Dia mengatakan “banyak senjata” digunakan selama insiden itu.

Media lokal melaporkan bahwa para petugas itu disergap dan presiden Persatuan Polisi Queensland Ian Leavers menuduh mereka dibunuh “dengan darah dingin”.

“Mereka bertemu dengan tembakan yang tak henti-hentinya,” katanya kepada Australian Broadcasting Corporation.

“Mereka dieksekusi.”

Anggota parlemen lokal David Littleproud mengatakan serangan itu telah membuat komunitasnya “mati rasa”.

“[Ini] adalah kota pedesaan kecil di mana hal semacam ini tidak terjadi,” katanya.

Kematian akan diselidiki oleh koroner dan tanggapan polisi akan diperiksa oleh komando standar etika pasukan, sejalan dengan praktik standar. (bbc/*)

Referensi :

https://www.bbc.com/news/world-australia-63952882

  • Bagikan