3 Orang Tewas dan WNA Mengalami Luka Dalam Penyerangan oleh Kelompok Bersenjata di Hotel Kabul

  • Bagikan
asap mengepul dari lokasi serangan di Shahr-e-naw, Kabul, Afghanistan, pada 12 Desember.

AFGANISTAN, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Tiga orang tewas dan beberapa lainnya terluka setelah kelompok bersenjata menyerang sebuah hotel di Kabul, ibu kota Afghanistan, pada hari Senin.

Serangan itu dimulai sekitar pukul 14.30 waktu setempat di daerah komersial Shar-e- Naw di Kabul, dengan warga sipil di dalam gedung, menurut juru bicara kepala polisi Khalid Zadran.

Seorang saksi mata yang tinggal di sekitaran hotel mengatakan bahwa dia melihat terjadi baku tembak setelah kelompok bersenjata menyerang hotel tersebut.

Polisi kemudian mengirim pasukan keamanan di tempat kejadian untuk melancarkan operasi membersihkan daerah tersebut. Serangan itu berakhir dengan ketiga pria bersenjata tewas dan tamu hotel telah dievakuasi dengan aman, menurut tweet dari juru bicara Taliban Zabiullah Mojahid pada hari Senin.

Mojahid menambahkan, tidak ada warga negara asing yang tewas, namun dua warga negara asing terluka setelah melompat dari atap.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan kepada wartawan saat briefing pada hari Selasa bahwa lima warga negara China termasuk di antara yang terluka.

Video yang diposting di Twitter oleh seorang jurnalis di Kabul dan diverifikasi oleh Reuters menunjukkan asap mengepul dari salah satu lantai di tengah suara tembakan, sementara seseorang terlihat mencoba melarikan diri dari serangan dengan melompat keluar dari jendela hotel.

Setelah itu, organisasi nirlaba darurat di Kabul mentweet bahwa mereka menerima 21 korban di rumah sakit mereka yang terletak di dekat serangan itu, termasuk tiga yang tewas saat tiba terpisah dari tiga penyerang yang tewas.

Serangan itu terjadi sehari setelah duta besar China bertemu dengan wakil menteri luar negeri Afghanistan untuk membahas masalah terkait keamanan dan mencari perhatian lebih pada perlindungan kedutaannya.

Kantor berita Xinhua milik pemerintah China mengatakan serangan itu terjadi di dekat wisma tamu China dan kedutaan besarnya di Kabul memantau situasi dengan cermat.

Beberapa pemboman telah terjadi di Afghanistan dalam beberapa bulan terakhir, termasuk serangan terhadap kedutaan Pakistan awal bulan ini dan ledakan bunuh diri di dekat kedutaan Rusia pada bulan September. Kedua serangan tersebut diklaim oleh Negara Islam. (CNN/*)

REFERENSI:
CNN WORLD

https://edition.cnn.com/2022/12/12/asia/kabul-afghanistan-hotel-attack-intl-hnk

  • Bagikan