Elon Musk Mengambil Tindakan Hukum Atas Akun Twitter Yang Melacak Jet Pribadinya

  • Bagikan
Elon Musk membeli Twitter seharga $44 miliar (£35,3 miliar) tahun ini

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Elon Musk mengatakan dia mengambil tindakan hukum terhadap pemegang akun Twitter yang melacak jet pribadinya, dengan alasan hal itu membahayakan putranya.

Akun @ElonJet, yang memiliki lebih dari setengah juta pengikut, telah dinonaktifkan pada hari Rabu.

Pemiliknya Jack Sweeney, 20, menggunakan informasi pelacakan penerbangan yang tersedia untuk umum untuk men-tweet setiap kali jet Musk lepas landas dan mendarat.

Mr Musk mengatakan tindakan hukum sekarang sedang diambil terhadap Mr Sweeney dan lainnya.

“Tadi malam, mobil yang membawa putranya di LA diikuti oleh penguntit gila (mengira itu saya), yang kemudian memblokir mobil agar tidak bergerak dan naik ke kap,” cuitnya.

Dia menambahkan bahwa setiap akun yang mengungkapkan lokasi real-time seseorang akan dinonaktifkan “karena itu merupakan pelanggaran keamanan fisik”.

Mr Sweeney membantah insiden itu terkait dengan akunnya ketika ditanya oleh BBC.

Itu terjadi setelah dia mengonfirmasi di akun Twitter pribadinya pada hari Rabu bahwa profil tersebut telah dinonaktifkan.

Malam itu, akun Tuan Sweeney tampaknya telah diaktifkan kembali. Dia tweeted: “Ya saya kembali!” Beberapa menit kemudian terdaftar lagi sebagai akun yang dinonaktifkan. Akun pribadinya, @JxckSweeney, juga telah dibekukan.

Sweeney, seorang mahasiswa di negara bagian Florida, membagikan tangkapan layar pesan dari Twitter kepada CNN yang mengatakan bahwa perusahaan media sosial tersebut telah melakukan “peninjauan yang cermat” dan telah memutuskan untuk melarang akun tersebut secara permanen karena melanggar peraturan Twitter.

Siswa tersebut bertanggung jawab atas lusinan akun lain yang melacak penerbangan pribadi orang kaya Amerika, termasuk salah satu pendiri Microsoft Bill Gates, pendiri Amazon Jeff Bezos, dan Chief Executive Officer Meta Mark Zuckerberg.

Banyak dari akun itu – termasuk satu pesawat pelacak yang terkait dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, dan jet selebriti pemantau lainnya – tampaknya juga dinonaktifkan di Twitter pada Rabu sore.

Musk telah lama mempermasalahkan akun @ElonJet, dan dilaporkan pernah menawarkan kepada Sweeney $5.000 untuk menghapusnya.

Mr Sweeney mengatakan kepada outlet media AS bahwa Mr Musk akhirnya mengatakan kepadanya bahwa rasanya tidak benar membayar untuk menutup akun.

Dan sebulan yang lalu, Musk berjanji untuk tetap menjalankannya meskipun itu adalah “risiko keselamatan pribadi langsung”.

Tapi Mr Musk tweeted pada Rabu malam: “Akun apa pun yang melakukan info lokasi real-time siapa pun akan dinonaktifkan, karena ini merupakan pelanggaran keamanan fisik. Ini termasuk memposting tautan ke situs dengan info lokasi real-time.”

Pusat Bantuan Twitter telah men-tweet kebijakan media yang diperbarui yang dimulai dengan: “Anda tidak boleh mempublikasikan atau memposting informasi pribadi orang lain tanpa otorisasi dan izin tertulis dari mereka.”

Sejak memimpin di Twitter, Musk telah membuat banyak perubahan pada praktik moderasinya.

Dia telah memulihkan beberapa akun yang sebelumnya diblokir, termasuk profil mantan Presiden Donald Trump, yang diblokir setelah pemberontakan 6 Januari di US Capitol.

CEO Tesla juga telah memangkas staf perusahaan media sosial dan dilaporkan telah berhenti membayar sewa untuk beberapa kantor Twitter, termasuk kantor pusat perusahaan di San Francisco, menurut New York Times.

Investor mempertanyakan apakah pengambilalihan Twitter baru-baru ini telah mengalihkan perhatiannya dari bisnis mobil listriknya.

Pada hari Senin, Selasa, dan Rabu minggu ini, dia menjual 22 juta saham lagi, senilai $3,58 miliar (£2,9 miliar), di perusahaan tersebut.

Ini menjadikan total saham Tesla yang dijual oleh Musk selama setahun terakhir menjadi hampir $40 miliar.

Referensi :

https://www.bbc.com/news/world-us-canada-63978323

  • Bagikan