Perang Ukraina : Serangan Mematikan Membuat Kherson Direbut Kembali Tanpa Kekuatan

  • Bagikan
Gedung administrasi di jantung Kherson dihantam pada hari Rabu dan penembakan berlanjut di dekatnya pada hari Kamis

BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Berdasarkan keterangan dari pejabat Ukraina dua orang tewas, pada hari kedua serangan Rusia di pusat Kherson , yang direbut kembali oleh Ukraina bulan lalu.

Penembakan besar-besaran pada infrastruktur kritis di area pelabuhan membuat seluruh kota tanpa listrik, menurut gubernur daerah.

Mundurnya pasukan Rusia dari Kherson adalah salah satu kemunduran terbesar Moskow sejak invasi Februari.

Selama berminggu-minggu telah menargetkan fasilitas listrik di kota-kota Ukraina.

Jutaan penduduk Ukraina kedinginan tanpa pemanas atau listrik bahkan suhu musim dingin turun di bawah titik beku.

Kerang dilaporkan mendarat 100m (328 kaki) dari gedung administrasi utama di kota Kherson, kata para pejabat, sehari setelah bangunan itu sendiri rusak parah. Seorang paramedis berusia 32 tahun dan seorang pria berusia 70 tahun tewas dalam serangan yang mengenai titik bantuan medis, kata media Ukraina.

Ledakan juga terjadi di kota terbesar kedua di Ukraina, Kharkiv. Walikota Igor Terekhov mengatakan Rusia menembaki fasilitas infrastruktur dan mengimbau warga untuk tinggal di tempat penampungan jika memungkinkan.

Komisaris hak asasi manusia PBB Volker Turk memperingatkan bahwa serangan Rusia membuat jutaan orang Ukraina mengalami “kesulitan yang ekstrem” dan serangan lebih lanjut terhadap fasilitas listrik dapat “menyebabkan semakin memburuknya situasi kemanusiaan dan memicu lebih banyak pengungsian”.

Sementara itu, proksi yang didukung Rusia mengatakan pasukan Ukraina telah melancarkan “serangan paling masif” mereka di pusat Donetsk yang diduduki sejak 2014, ketika separatis memicu konflik dengan merebut sebagian wilayah Donbas.

Pejabat yang ditunjuk Rusia Alexei Kulemzin mengatakan 40 roket ditembakkan, menewaskan satu orang dan menyebabkan sembilan lainnya terluka.

Rincian serangan itu tidak dapat dikonfirmasi, tetapi Kulemzin mengunggah foto-foto bangunan yang rusak di kota itu.

Dalam pidatonya kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB di Jenewa, Volker Turk mengatakan perang telah menyebabkan 18 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan. Dia memberikan rincian ringkasan eksekusi warga sipil oleh militer Rusia antara Februari dan April, termasuk pembunuhan terkenal di kota Bucha di luar Kyiv.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengimbau para pemimpin Uni Eropa pada hari Kamis untuk membantu mengalahkan “teror energi Rusia”, dengan mempertahankan pasokan energi Ukraina dengan sekitar 2 miliar meter kubik gas dan listrik senilai sekitar €800 juta (£697 juta; $851 juta).

Dalam enam bulan terakhir dia mengatakan Ukraina telah mencapai kemenangan nyata dan telah mulai membangun perisai udara untuk Ukraina. Ibu kota Kyiv juga menjadi sasaran 13 drone pada hari Rabu, kata presiden, tetapi militer berhasil menghalaunya. (BBC/*)

Referensi :
BBC news

https://www.bbc.com/news/world-europe-63983730

  • Bagikan