Covid-19: Penduduk India Dihimbau Untuk Tetap Memakai Masker di Tengah Lonjakan Covid China

  • Bagikan
Pejabat pemerintah India telah meminta orang-orang untuk mengikuti perilaku yang sesuai dengan Covid

INDIA, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Menteri Kesehatan India menyerukan untuk kembali ke perilaku yang sesuai Covid, termasuk memakai masker di depan umum, saat negara itu meningkatkan pengawasan kasus.

Pejabat tinggi kesehatan juga meminta penduduknya untuk mendapatkan vaksinasi dan mengambil dosis booster.

India telah melonggarkan aturan pemakaian masker awal tahun ini setelah penurunan tingkat infeksi.

Tetapi lonjakan kasus di negara tetangga China telah membuat negara itu waspada .

Selama beberapa bulan terakhir, India melaporkan empat kasus Covid-19 yang disebabkan oleh BF.7, subvarian Omicron yang terkait dengan lonjakan kasus di China.

Kasus ketiga di negara bagian Gujarat dan satu di Odisha terdeteksi pada Juli, September dan November dan pasien telah pulih, kata pejabat kesehatan.

Menurut data pemerintah, India saat ini hanya memiliki sekitar 3.400 kasus aktif virus corona, tetapi laporan tentang lonjakan di China menimbulkan rasa takut di negara tersebut. Beberapa ahli mengatakan bahwa India yang menyaksikan dua gelombang mematikan Covid pada tahun 2020 dan 2021 tidak perlu panik.

Pada hari Rabu, Menteri Kesehatan India Mansukh Mandaviya meninjau situasi Covid di negara tersebut dan mengimbau agar masyarakat memakai masker, menjaga jarak sosial, sering mencuci tangan, dan mendapatkan vaksinasi.

Lebih dari 2,2 miliar dosis vaksin Covid telah diberikan sejauh ini di negara tersebut, tetapi hanya 27% populasi yang telah menggunakan dosis booster yang disebut India sebagai “dosis pencegahan” sejauh ini.

Pada hari Rabu, VK Paul, seorang penasihat kesehatan pemerintah, mengimbau orang-orang untuk menggunakan masker dan mendapatkan suntikan penguat. Setelah lebih dari dua tahun mengikuti aturan Covid yang ketat, sebagian besar orang India berhenti memakai masker di tempat ramai.

Surat kabar Indian Express juga melaporkan , mengutip pejabat pemerintah yang tidak disebutkan namanya, bahwa arahan telah dikeluarkan untuk memulai kembali pengujian acak terhadap penumpang internasional di bandara.

Negara itu telah melonggarkan pedoman perjalanan udara pada bulan November, menjadikannya opsional “meskipun lebih disukai” bagi penumpang untuk mengenakan masker pada penerbangan dan bagi penumpang internasional untuk divaksinasi penuh. Belum ada pengumuman resmi tentang perubahan pedoman perjalanan udara.

“Covid belum berakhir,” kata Mandaviya dalam tweet pada hari Rabu.

“Saya telah mengarahkan semua pihak untuk waspada dan memperkuat pengawasan. Kami siap menghadapi situasi apapun”, tambahnya.

Pada hari Selasa, pemerintah federal juga meminta negara bagian untuk mengirimkan sampel Covid dari semua pasien positif ke laboratorium yang dijalankan oleh INSACOG, sebuah forum di bawah kementerian kesehatan yang mempelajari dan memantau berbagai jenis Covid di India. (BBC/*)

Referensi :
BBC News

https://www.bbc.com/news/world-asia-india-64061767

  • Bagikan