China Mengakhiri Karantina Covid, Dan Mulai Dibuka Kembali Pada Bulan Januari

  • Bagikan
China sedang berjuang untuk mengatasi gelombang virus setelah mencabut hampir semua pembatasan pandemi bulan ini

CHINA, BACAPESAN.CO.ID – Setelah tiga tahun perbatasan ditutup, ini secara efektif akan membuka kembali negara itu bagi mereka yang memiliki visa kerja dan belajar, atau ingin mengunjungi keluarga.

Tapi itu terjadi ketika China berjuang dengan penyebaran virus yang ganas setelah pembatasan dicabut.

Laporan mengatakan pihak rumah sakit kewalahan dan banyak orang tua sekarat.

Jumlah sebenarnya dari jumlah kasus harian dan kematian saat ini tidak diketahui karena pejabat telah berhenti merilis data Covid.

Beijing telah melaporkan sekitar 4.000 infeksi Covid baru pada hari Jumat dan tidak ada kematian selama empat hari berturut-turut pada minggu lalu. Pada hari Minggu dikatakan akan berhenti menerbitkan nomor kasus harian sama sekali. Tetapi firma data kesehatan Inggris Airfinity memperkirakan China mengalami lebih dari satu juta infeksi dan 5.000 kematian setiap hari, menurut Reuters.

China adalah ekonomi maju besar terakhir di dunia yang mengalami hidup dengan covid setelah tiga tahun menutup perbatasan, dan karantina wajib untuk kasus dan kontak Covid.

Adanya nol-Covid menghancurkan ekonomi dan membuat warga lelah dengan pembatasan dan pengujian berulang. Kebencian terhadap kebijakan tersebut meledak menjadi protes publik yang jarang terjadi terhadap Presiden Xi Jinping pada November, yang menyebabkan pihak berwenang mencabut aturan Covid hanya beberapa minggu kemudian.

Perbatasan tertutup tetap menjadi batasan besar terakhir. Sejak Maret 2020, siapa pun yang memasuki China harus menjalani karantina wajib di fasilitas negara hingga tiga minggu sekaligus. Namun baru-baru ini dikurangi menjadi lima hari.

Tetapi pada hari Senin, Komisi Kesehatan Nasional mengumumkan bahwa Covid akan secara resmi diturunkan menjadi penyakit menular Kelas B pada 8 Januari.

Itu berarti karantina akan dihentikan meskipun pelancong yang masuk masih perlu melakukan tes PCR – dan batasan jumlah penerbangan yang diizinkan masuk ke China setiap hari juga akan dihapus.

Pihak berwenang mengatakan mereka juga akan mengoptimalkan pengaturan visa bagi orang asing yang ingin datang ke China untuk bekerja dan belajar, serta kunjungan keluarga dan reuni.

Tidak jelas apakah itu termasuk visa turis, tetapi para pejabat mengatakan program percontohan akan dijalankan untuk kapal pesiar internasional.

Aturan baru tersebut disambut baik oleh banyak warga China yang kini dapat bepergian ke luar negeri lagi. Situs web pemesanan penerbangan lokal melaporkan lonjakan lalu lintas dalam beberapa jam setelah pengumuman.

Namun banyak juga yang menyatakan keprihatinan tentang pembukaan kembali perbatasan bahkan ketika kasus Covid memuncak di China.

Orang-orang di kota-kota seperti Beijing dan Shanghai mengatakan mereka kehabisan obat flu dan pilek dan mencari bantuan medis untuk kerabat yang sakit. Dikhawatirkan ratusan kematian mungkin tidak dilaporkan di tengah laporan lokal tentang krematorium yang kewalahan.

Pada hari Senin, Presiden Xi mengeluarkan pernyataan pertamanya tentang perubahan tersebut, menyerukan para pejabat untuk melakukan apa yang “layak” untuk menyelamatkan nyawa. Media pemerintah mengutip dia mengatakan negara menghadapi situasi baru dengan pengendalian pandemi, dan membutuhkan tanggapan yang lebih terarah.

Perputaran China tentang bagaimana mengelola pandemi telah menempatkan Xi di posisi yang sulit. Dia adalah kekuatan pendorong di balik nol-Covid, yang banyak disalahkan karena membatasi kehidupan orang secara berlebihan dan melumpuhkan perekonomian.

Tetapi setelah mengabaikannya, para analis mengatakan dia sekarang harus bertanggung jawab atas gelombang besar infeksi dan perawatan di rumah sakit. Banyak yang mempertanyakan mengapa negara itu tidak lebih siap menghadapi gelombang begitu pembatasan dicabut. (bbc/*)

Referensi :

https://www.bbc.com/news/world-asia-china-64097497

  • Bagikan