Tren Penggunaan E Wallet Pada Generasi Milenial

  • Bagikan

Penulis : Muh Nurqadri Jamal
Lecturer & Praktisi

Mungkin Kata E Wallet sudah tidak asing bagi sebagian orang, E Wallet merupakan Dompet Elektronik atau dompet digital yang berbasis Aplikasi Pada Smartphone.

OVO, Gopay, LinkAja, Shopee Pay, dan Dana adalah salah satu E Wallet yang mungkin sering kita dengar saat ini mengingat Aplikasi Tersebut merupakan yang paling diminati oleh sebagian orang khususnya kaum Milenial saat ini.

Dikutip dari oyindonesia.com, berdasarkan data dari Bank Indonesia (2020), sudah ada 39 e-wallet yang mendapatkan lisensi resmi. Pada tahun 2018, transaksi e-wallet di Indonesia bahkan menembus angka 1,5 miliar dollar Amerika dan diprediksi akan meningkat menjadi 25 miliar dollar Amerika pada tahun 2023.
Pengguna dompet digital kian mendominasi hingga mengalahkan jumlah pengguna kartu kredit.

Berdasarkan data RedSeer, transaksi e-commerce di Indonesia yang menggunakan dompet digital terdapat sebanyak 29 persen. Penggunanya didominasi oleh generasi milenial dengan rata-rata transaksi top up mencapai Rp140.663 per minggu.

Data lain juga dibuktikan oleh riset yang dilakukan Lembaga Jakpat, dari 2.496 responden terbukti bahwa sekitar 68 persen pengguna dompet digital didominasi oleh kalangan milenial. Hal ini juga disebabkan karena perkembangan teknologi yang membawa berbagai kemudahan dalam hidup, salah satunya adalah kemudahan bertransaksi secara online apalagi dengan menggunakan Sistem Cashless dengan pemanfaatan E Wallet memudakan bertransaksi tanpa fisik.

Selain itu E Wallet menjamin keamanan transaksi dengan fitur Riwayat pemakaian transaksi sehingga ada pembukuan pengeluaran secara otomatis, selain itu penggunaannya juga sangat praktis dan efisien mengingat bisa di lakukan kapanpun dimanapun.

Lifestyle Milenial saat ini juga menjadi salah satu faktor tren penggunaan E Wallet saat ini yang kecendrungan memanfaatkan Promo dari E Commerce yang terintegrasi dengan Dompet digital sehingga menjadi bagian yang tentunya membuat konsumen bisa lebih hemat. Hal ini juga ditopang dengan Pedagang kaki lima, rumah makan, dan berbagai bisnis yang sudah menambahkan e-wallet sebagai salah satu metode pembayaran sehingga lebih memudahkan konsumen saat transaksi. (*)

  • Bagikan