Salah Satu Pendiri Associates, Alan Rankine, Meninggal Pada Usia 64 Tahun

  • Bagikan
Alan Rankine merilis tiga album solo setelah keluar dari The Associates

SKOTLANDIA, BACAPESAN.CO.ID – Musisi dan produser Alan Rankine, salah satu pendiri band terkenal Skotlandia The Associates, meninggal dunia pada usia 64 tahun.

Putra Rankine, Callum dan Hamish mengkonfirmasi berita tersebut di halaman Facebook sang gitaris dan pemain keyboard.

Mereka mengatakan ayah mereka meninggal dengan damai di rumah tak lama setelah menghabiskan Natal bersama keluarganya.

Rankine membentuk Associates, yang hit terbesarnya adalah Party Fears Two, dengan penyanyi Billy Mackenzie di Dundee pada 1979.

Mereka merilis tiga album sebelum Rankine meninggalkan band pada 1982.

Putra-putranya berkata bahwa ayah mereka adalah “pria yang cantik, baik hati, dan penyayang yang akan sangat dirindukan”.

Mereka mengatakan akun media sosialnya akan tetap terbuka untuk teman dan penggemar untuk merayakan hidupnya.’

Sutradara Grant McPhee, yang menampilkan Rankine dalam film dokumenter pasca-punk Skotlandia tahun 2015 Big Gold Dream, kata musisi itu adalah “seorang jenius maverick sejati.”

Dia mengatakan kepada BBC Skotlandia: “Dia memiliki pemahaman bawaan tentang perasaan untuk sebuah proyek, yang dapat didengar dengan jelas dalam musik indah yang dia buat.

“Dia juga mungkin musisi paling berbakat yang pernah saya ajak bicara, dan tentu saja salah satu yang terbaik sepanjang masa.

“Kebaikan adalah keterampilan yang langka dan Alan memiliki bakat musik dan mendongeng yang luar biasa.”

Sesama musisi, termasuk Duglas T Stewart dari BMX Bandits, dan penyanyi Danny Wilson Gary Clark memberikan penghormatan kepada Rankine secara online.

Penulis David Stubbs, yang baru-baru ini mewawancarai musisi tersebut, mengatakan di Twitter bahwa Rankine dan Billy Mackenzie adalah “pasangan yang sempurna”.

Dia menulis: “Dalam The Associates, mereka membuat benda yang masih hidup, masih hidup, tak tertandingi dari segudang keindahan, penuh teka-teki, dan tak tertandingi.”

Setelah keluar dari The Associates, Rankine merilis tiga album solo dan bekerja dengan artis termasuk Paul Haig dan Belle dan Sebastian.

Pada tahun 1992 Rankine mendirikan Electric Honey Records, label rekaman yang dijalankan oleh para siswa kursus bisnis musik di Stow College, sekarang dikenal sebagai Glasgow Kelvin College.

Rilisan label yang paling terkenal adalah album debut Belle dan Sebastian Tigermilk, dengan drummer band Richard Colburn sebelumnya menggambarkan Rankine sebagai “hati dan jiwa kursus”. (bbc/*)

Referensi :

https://www.bbc.com/news/uk-scotland-tayside-central-64126036

  • Bagikan