China Membuka Kembali Perbatasan Untuk Turis Setelah Tiga Tahun Penutupan Covid

  • Bagikan
Ratusan ribu orang diperkirakan akan melakukan perjalanan ke China dalam beberapa minggu mendatang

CHINA, BACAPESAN.COM – China telah membuka kembali perbatasannya untuk pengunjung internasional untuk pertama kalinya sejak memberlakukan pembatasan perjalanan pada Maret 2020.

Pelancong yang masuk tidak perlu lagi dikarantina menandai perubahan signifikan dalam kebijakan Covid negara itu saat memerangi lonjakan kasus.

Mereka harus memiliki bukti tes PCR negatif yang diambil dalam waktu 48 jam perjalanan.

Langkah tersebut disambut baik oleh banyak orang yang ingin berkumpul kembali dengan keluarga.

Di Hong Kong, 400.000 orang diperkirakan melakukan perjalanan ke China daratan dalam beberapa minggu mendatang dengan antrean panjang untuk penerbangan ke kota-kota termasuk Beijing dan Xiamen.

Pada hari Minggu, gerbong bertingkat yang penuh dengan pelancong tiba di Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macau untuk naik bus ke provinsi Guangdong – di antaranya adalah mahasiswa yang pulang ke rumah.

Seorang pria mengatakan kepada BBC bahwa dia belum beretemu keluarga besarnya selama tiga tahun dan sangat gembira karena baru saja membeli tiket kembali ke daratan.

Seorang wanita mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa dia sudah bertahun-tahun tidak melihat orang tuanya meskipun salah satu dari mereka menderita kanker usus besar dan mengatakan dia “sangat, sangat bahagia”.

Pembukaan kembali negara itu terjadi pada awal “Chunyun”, periode pertama perjalanan Tahun Baru Imlek. Sebelum pandemi, itu adalah migrasi tahunan terbesar di seluruh dunia dari orang-orang yang pulang ke rumah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Dua miliar perjalanan diperkirakan akan dilakukan pada Tahun Baru Imlek ini, dua kali lipat jumlah perjalanan tahun lalu.

Li Hua, yang melakukan perjalanan dari Inggris ke Tiongkok di mana keluarganya tinggal untuk festival tersebut mengatakan bahwa sudah “terlalu lama” sejak dia kembali, “Saya sangat senang bisa kembali, dan menghirup udara Tiongkok. Sangat, sangat bahagia”.

Mark Clayton pulang ke Zhuhai, di Guandong, bersama istri dan bayinya setelah mengunjungi Hong Kong. Dia mengatakan kepada BBC bahwa perjalanan pulangnya “hampir semulus sebelum Covid”.

“Kami bahkan tidak menunjukkan PCR kepada mereka, kami hanya memindai kode dan memasukkan deklarasi bea cukai yang sangat cepat… Dan kemudian langsung diproses,” katanya.

Namun ada kekhawatiran dari beberapa pihak bahwa membuka perbatasan akan mengakibatkan lebih banyak penularan Covid-19.

Beberapa pengemudi bus lokal mengatakan kepada BBC bahwa mereka khawatir akan tertular virus dari pelancong yang masuk, dan ingin perusahaan mereka memberi mereka perlindungan lebih.

Selama tiga tahun terakhir, China memiliki salah satu kebijakan kesehatan Covid paling ketat di dunia yang melihat banyak penguncian, persyaratan pengujian yang sering, dan berdampak signifikan pada perekonomian negara.

Pemerintah baru-baru ini membatalkan kebijakan itu setelah protes massal di seluruh negeri, yang dipicu oleh kebakaran di blok bertingkat tinggi di wilayah Xinjiang yang menewaskan 10 orang. Banyak orang Tionghoa percaya bahwa pembatasan Covid yang berlangsung lama berkontribusi pada kematian, tetapi pihak berwenang membantahnya.

Sejak China mengabaikan elemen kunci dari kebijakan nol Covid-nya, ada laporan rumah sakit dan krematorium yang kewalahan, tetapi negara tersebut telah berhenti menerbitkan jumlah kasusnya dan hanya melaporkan dua kematian pada hari Sabtu.
Pada hari yang sama, pemerintah China melarang lebih dari 1.000 akun media sosial yang mengkritik penanganan virus tersebut.

Lonjakan kasus yang diantisipasi dan perjalanan keluar dari China telah mendorong banyak negara termasuk Inggris untuk memberlakukan persyaratan untuk tes COVID-19 negatif pada orang yang datang dari China, yang memicu kemarahan pemerintah China. (BBC/*)

REFERENSI:

https://www.bbc.com/news/world-asia-china-64201776

  • Bagikan