Hongkong : Pengacara Jimmy Lai di Inggris Mengadakan Pertemuan Dengan Rishi Sunak

  • Bagikan
Sidang keamanan nasional Jimmy Lai telah ditunda hingga September

HONGKONG, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Tim hukum internasional taipan media Hong Kong yang dipenjara Jimmy Lai telah meminta Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak untuk mengadakan pertemuan darurat menjelang persidangan atas tuduhan keamanan nasional akhir tahun ini.

Persidangan atas tuduhan berkolusi dengan kekuatan asing dan penghasutan dapat membuat Lai yang berkewarganegaraan Inggris menghabiskan sisa hidupnya di penjara.

Dalam surat yang dilihat oleh BBC, tim hukum internasional Lai mengatakan mereka ingin membahas “cara- cara potensial untuk mengamankan pembebasan Lai”.

Para pengacara menggambarkan kasus yang menimpa Jimmy Lai “sangat memprihatinkan” dan “simbolis”.

Jimmy Lai telah ditahan selama dua tahun, menghadapi berbagai tuduhan. Pada bulan Desember dia dijatuhi hukuman tambahan lima tahun sembilan bulan karena melanggar perjanjian sewa di kantor pusat surat kabar tersebut.

Para pendukungnya mengatakan semua tuduhan terhadapnya bermotif politik.

Lai mendirikan surat kabar pro-demokrasi Apple Daily. Selama lebih dari 25 tahun tabloidnya dipandang sebagai satu-satunya surat kabar oposisi di Hong Kong. Namun, surat kabar tersebut terpaksa ditutup pada Juni 2021 ketika rekeningnya dibekukan dan sejumlah staf senior ditangkap berdasarkan undang-undang keamanan nasional Hong Kong.

Beijing memberlakukan undang-undang keamanan nasional yang luas di bekas jajahan Inggris itu pada tahun 2020. Pihak berwenang mengatakan undang-undang itu diperlukan untuk memulihkan ketertiban setelah setahun protes yang seringkali diwarnai kekerasan. Kritikus mengatakan bahwa Undang-undang itu digunakan untuk membungkam lawan politik Beijing melalui praktik “lawfare” – penggunaan sistem hukum sebagai senjata politik.

Saat ini mayoritas oposisi politik berada di penjara atau telah melarikan diri dari wilayah tersebut.

Lai telah lama dianggap sebagai target utama undang-undang baru dan tim hukumnya yang berbasis di Inggris telah meminta pertemuan dengan dua menteri luar negeri berturut-turut, yang pertama ditolak sementara yang kedua tidak dijawab.

Awal bulan ini pemerintah Inggris menyetujui agar tim bertemu dengan seorang menteri dari kantor luar negeri, kata surat itu.

Dalam surat itu, Caoilfhionn Gallagher KC juga menyoroti bahwa pemerintah AS telah mengutuk hukuman Lai pada bulan Oktober atas tuduhan penipuan, tetapi pemerintah Inggris tidak membuat pernyataan resmi.

Berbicara kepada BBC, putra Lai, Sebastien, mengatakan ayahnya seharusnya tidak berada di balik jeruji besi.

“Ini adalah seorang pria yang selama dua puluh tahun telah menyerahkan banyak hal untuk demokrasi di Hong Kong yang merupakan sesuatu yang sebenarnya dijanjikan ketika Inggris menyerahkan Hong Kong kembali ke China,” katanya.

Seperti ayahnya, Sebastien adalah warga negara Inggris. Dia tinggal di pengasingan di Taiwan. Sejak penangkapan ayahnya di bawah undang-undang keamanan nasional, dia tidak yakin apakah dia bisa kembali ke rumah.

“Dia adalah warga negara Inggris yang dipenjara karena memperjuangkan nilai-nilai yang kita semua anggap remeh yang sakral bagi kita semua,” kata pria berusia 28 tahun itu tentang ayahnya.

Hong Kong diserahkan kembali ke China dari kendali Inggris pada tahun 1997, tetapi di bawah perjanjian yang unik konstitusi mini yang disebut Undang-Undang Dasar dan apa yang disebut prinsip “satu negara, dua sistem”.

Mereka seharusnya melindungi kebebasan tertentu untuk Hong Kong: kebebasan berkumpul dan berbicara, peradilan yang independen dan beberapa hak demokratis kebebasan yang tidak dimiliki oleh bagian lain dari daratan China.

Namun, undang-undang keamanan nasional mempermudah penuntutan terhadap para pengunjuk rasa dan kritikus mengatakan telah mengurangi otonomi kota.

Kasus undang-undang keamanan nasional Lai telah ditunda hingga September 2023 dengan keputusan siapa yang diizinkan untuk mewakilinya masih tertunda.

Dia menginginkan pengacara hak asasi manusia Inggris Timothy Owen KC untuk mewakilinya – tetapi pemerintah Hong Kong menentang hal ini dan pemerintah pusat China di Beijing sejak itu memutuskan bahwa Kepala Eksekutif Hong Kong John Lee memiliki kekuatan untuk melarang pengacara asing dari pengadilan keamanan nasional. Namun belum ada keputusan akhir yang dibuat.

“Kasus Lai adalah kasus uji coba untuk pengadilan yang adil dan kebebasan berbicara,” kata Eric Lai, seorang sarjana hukum Hong Kong.

Pihak berwenang menggambarkan keseriusan dugaan kejahatannya yang dituduhkan kepadanya berkolusi dengan kekuatan asing dan penghasutan sebanding dengan pembunuhan.

“Jimmy Lai adalah seorang pengkhianat yang dimanipulasi oleh kekuatan asing dan menjual negaranya untuk kemakmuran,” kata Johnny Patriotic, seorang aktivis pro-Beijing yang sering berada di luar pengadilan selama penampilan Lai, kepada BBC.

Namun Sebastien Lai mengatakan ayahnya tidak melakukan kejahatan apa pun.

“Kejahatannya adalah dia dipenjara karena ini. Kejahatan adalah mengabaikannya dan tidak berbicara, ” katanya. (BBC/*)

REFERENSI:

BBC NEWS

https://www.bbc.com/news/world-asia-china-64206948

  • Bagikan