Restoran Noma Legendaris di Kopenhagen Akan Tutup Tahun Depan dan Menjadi ‘Laboratorium Raksasa’

  • Bagikan
Pencipta, koki, dan pemilik René Redzepi dan timnya telah mengerjakan arah baru Noma selama dua tahun terakhir.

DENMARK, BACAPESAN.COM – Noma , salah satu restoran paling terkenal di dunia, akan tutup tahun depan.
Sejak dibuka dua dekade lalu, restoran Kopenhagen dikenal dengan penemuan Masakan Nordik Baru yang menduduki puncak daftar 50 Restoran Terbaik Dunia sebanyak lima kali, terakhir pada tahun 2021.

Tetapi setelah bertahun-tahun menyajikan hidangan lokal mulai dari puding otak rusa kutub dengan serbuk sari lebah hingga quince dan es krim beras fermentasi dengan karamel tiram, usaha chef René Redzepi yang berbintang tiga Michelin akan membawa restorannya ke tingkat yang lebih tinggi pada akhir tahun 2024. Tahun berikutnya, restoran ini akan terlahir kembali sebagai “laboratorium raksasa”, yang dijuluki Noma 3.0.

“(Ini akan menjadi) dapur uji coba perintis yang didedikasikan untuk karya inovasi makanan dan pengembangan cita rasa baru, yang akan membagikan hasil dari upaya kami secara lebih luas daripada sebelumnya,” kata restoran tersebut dalam sebuah pernyataan di situs webnya.

Bekas restoran itu masih akan menyambut tamu pada saat pop-up atau musim tertentu, katanya.

Noma 3.0 telah dalam tahap perencanaan selama dua tahun terakhir, periode di mana banyak industri telah terpukul .
“Jika pandemi telah mengajarkan kita sesuatu, betapa rapuhnya impian kita, betapa sangat melelahkan dan sulitnya industri ini,” kata Redzepi setelah menerima penghargaan Restoran Terbaik Dunia pada tahun 2021.

Mengisyaratkan perubahan arah Noma saat itu, dia mengatakan tim telah “menghabiskan satu setengah tahun terakhir untuk memimpikan sesuatu. Kami akan membangunnya sekarang.” (CNN/*)

REFERENSI :

https://edition.cnn.com/travel/article/noma-closes-copenhagen-intl-scli/index.html

  • Bagikan