Pangeran Harry Menyalahkan ‘Putaran Berbahaya’ Mengenai Komentarnya Tentang Taliban

  • Bagikan
Harry menjabat sebagai pilot helikopter Apache pada 2012-13

AFGHANISTAN, BACAPESAN.CO.ID – Pangeran Harry mengatakan klaim yang dia banggakan dalam buku barunya tentang pembunuhan 25 pejuang Taliban saat bertugas di Afghanistan adalah “kebohongan berbahaya”.

Sang pangeran dikritik karena membahas pembunuhan di Spare, beberapa tokoh militer mengatakan menyebut orang mati sebagai “bidak catur” adalah hal yang salah.

Namun di TV AS, Harry menuduh pers mengeluarkan kata-kata di luar konteks dengan putaran yang dapat membahayakan keluarganya.

Dia juga membela ucapannya, mengatakan dia ingin mengurangi bunuh diri veteran.

Spare, yang diterbitkan pada hari Selasa, telah menjadi buku non-fiksi dengan penjualan tercepat di Inggris.

Sekitar 400.000 eksemplar memoar telah dibeli, meskipun banyak kutipan yang bocor di media menjelang rilis resminya.

Orang-orang di Spanyol juga bisa mendapatkan salinannya minggu lalu setelah secara tidak sengaja dirilis lebih awal di toko buku di seluruh negeri.

Dalam klip teaser singkat dari wawancara terbarunya dengan Stephen Colbert di The Late Show untuk mempromosikan buku tersebut, Harry mengatakan itu adalah masa yang cukup sulit.

“Beberapa hari terakhir sangat menyakitkan dan menantang, kami tidak bisa berbuat apa-apa tentang kebocoran itu,” katanya.

Dia kemudian mengutuk beberapa liputan tentang buku itu, dengan mengatakan: “Tanpa ragu, kebohongan paling berbahaya yang mereka katakan, adalah bahwa saya membual tentang jumlah orang yang saya bunuh di Afghanistan.

“Jika saya mendengar seseorang membual tentang hal semacam itu, saya akan marah. Tapi itu bohong.”

Harry berkata bahwa sekarang bukunya sudah keluar, dia berharap orang bisa “melihat konteksnya”.

“Ini benar-benar meresahkan dan sangat mengganggu karena mereka dapat lolos begitu saja setelah mereka memiliki konteksnya. Tidak seperti di sini hanya satu baris, mereka memiliki seluruh bagian, mereka merobeknya dan hanya berkata ‘ini dia, dia menyombongkan diri’ tentang ini’.”Itu berbahaya, kata-kata saya tidak berbahaya, tetapi putaran kata-kata saya sangat berbahaya bagi keluarga saya. Itu adalah pilihan yang mereka buat.”

Mengacu pada keterbukaannya tentang membunuh orang saat bertugas militer, dia berkata bahwa dia telah membuat pilihan untuk membagikannya karena telah menghabiskan hampir dua dekade bekerja dengan para veteran di seluruh dunia, menurut saya hal yang paling penting adalah jujur”, dan untuk memberi orang ruang untuk berbagi pengalaman mereka “tanpa rasa malu”.

“Seluruh tujuan saya dan upaya saya untuk membagikan detail itu adalah untuk mengurangi jumlah kasus bunuh diri,” tambahnya.

Di Cadangan, Pangeran Harry mengungkapkan untuk pertama kalinya bahwa dia membunuh 25 pejuang musuh selama dua tur di wilayah Helmand di Afghanistan.

“Itu bukan statistik yang membuat saya bangga, tetapi juga tidak membuat saya malu,” tulisnya.

“Ketika saya terjun ke dalam panas dan kebingungan dalam melakukan pertempuran, saya tidak menganggap mereka sebagai 25 orang. Anda tidak dapat membunuh orang jika Anda melihat mereka sebagai manusia.

“Sebenarnya, kamu tidak bisa menyakiti orang jika kamu melihat mereka sebagai manusia. Mereka adalah bidak catur yang diambil dari papan, orang jahat dihilangkan sebelum mereka membunuh orang baik.”

Liputan media selanjutnya tentang komentar tersebut, yang bocor ke pers menjelang penerbitan buku, menuai kritik dari tokoh-tokoh militer.

Mantan perwira militer Kolonel Richard Kemp, yang dikirim ke Kabul pada tahun 2003 untuk memimpin pasukan di Afghanistan, mengatakan kepada BBC bahwa itu tidak biasa, tetapi dia tidak mempermasalahkan Pangeran Harry yang berbicara tentang berapa banyak orang yang telah dia bunuh.

Namun, dia menyuarakan keprihatinannya dengan merujuk pada gerilyawan Taliban yang tewas sebagai bidak catur, dengan mengatakan komentar seperti itu dapat memberikan “propaganda kepada musuh”. (bbc/*)

Referensi :

https://www.bbc.com/news/uk-64231560

  • Bagikan