Wali Kota Taufan Pawe Buka Musrenbang RKPD 2024

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Pemerintah Kota Parepare menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024, Kamis, 12 Januari 2023.

Pembukaan umum Musrenbang RKPD dilakukan oleh Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare.

Karena ini merupakan kesempatan terakhir Taufan Pawe (TP) membuka Musrenbang dalam kapasitasnya selaku Wali Kota, dia banyak menitip pesan dan harapan kepada seluruh stakeholder pembangunan Parepare.

“Semoga Parepare tetap dalam kejayaan dan kebanggaan Sulawesi Selatan. Mari kita bersama-sama tetap menyatu bangun Parepare,” harap Taufan Pawe.

Wali Kota Parepare dua periode ini mengulas banyaknya kemajuan Parepare di berbagai sektor sejak dia mulai memimpin pada periode pertama 2013.

Parepare yang tidak memiliki sumber daya alam memadai didorong maju dengan mengandalkan sektor jasa. Karena itu lahirlah visi misi menjadikan Parepare Kota Industri Tanpa Cerobong Asap memperkuat Teori Telapak Kaki (teori mendatangkan banyak orang ke Parepare) yang diinisiasi oleh Taufan Pawe.

Dia pun menekankan, pembangunan Parepare tidak rata-rata atau inklusif tapi meroket (eksklusif) menjadi terdepan di Sulsel.

Menjadikan Parepare maju terdepan di Sulsel ini, Taufan Pawe mengingatkan, agar ASN berpikir visioner sebagai abdi negara, abdi pemerintahan, dan pelayan masyarakat.

Terkait Musrenbang RKPD, Taufan Pawe mengemukakan, Musrenbang pada tahun ini memiliki makna yang sangat penting, karena merupakan penjabaran tahun kelima atau tahun terakhir dari RPJMD Parepare periode 2018-2023.

“Musrenbang adalah sumber energi atmosfer dalam membangun Kota Parepare. RPJMD yang menjadi pedoman dasar, saripati janji-janji politik saya tahun 2018, dan ini tahun terakhir saya berdiri sebagai kepala daerah membuka Musrenbang. Dan saya yakin sama pada periode pertama saya, serapan RPJMD saya dengan Pangerang Rahim (Wakil Wali Kota) akan excellent,” tegas Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.

Sementara Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha dalam laporannya mengungkapkan, Musrenbang RKPD ini adalah wujud perencanaan yang partisipatif.

“Musrenbang merupakan simpul akumulasi dari kegiatan perencanaan yang telah dilaksanakan di tingkat Kelurahan dan Kecamatan yang disinkronisasikan dengan perencanaan SKPD Kota Parepare serta berbagai aspirasi dari masyarakat yang selanjutnya akan menjadi bahan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Parepare Tahun 2024,” kata Samsuddin.

Pelaksanaan Musrenbang ini, kata Samsuddin, bertujuan mendapatkan masukan untuk menyusun RKPD, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan yang memerlukan dukungan pendanaan baik bersumber dari APBD Kota, APBD Provinsi, maupun APBN.

Hadir dalam pembukaan umum Musrenbang RKPD, Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim, Sekda H Iwan Asaad, para Staf Ahli, Asisten, Pimpinan SKPD, Direktur RSUD Andi Makkasau, Direktur PAM Tirta Karajae, para Kabag Setdako, Camat dan Lurah, TP PKK Parepare, Ketua LPMK, Ketua RT, Ketua RW, Ormas, organisasi perempuan, Ketua Forum Anak Parepare, dan para stakeholder terkait.

Setelah pembukaan umum Musrenbang RKPD, dilanjutkan dengan Musrenbang Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Musrenbang Anak, Musrenbang Perempuan, Musrenbang Disabilitas, dan Musrenbang tingkat Kota Parepare. (***)

  • Bagikan