Bank Sulselbar Parepare Siapkan SIMPEL Edukasi Pelajar Menabung Sejak Dini

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulsebar Cabang Parepare kembali menyasar sekolah-sekolah dalam melakukan sosialisasi Gerakan Menabung Sejak Dini melalui program Simpanan Pelajar (SIMPEL).

Kali ini sosialisasi dilakukan di UPTD SMP Negeri 2 Parepare, Senin, (16/1/2023).

Dalam sosialisasi yang dilakukan usai pelaksanaan upacara bendera, nampak para Pegawai BPD Sulselbar interaktif dengan para murid. Sejumlah pertanyaan diajukan untuk memastikan murid aktif dan fokus mengikuti sosialisasi berdurasi kurang lebih 10 menit itu.

Hadiah yang disiapkan oleh BPD Sulselbar Cabang Parepare pun memompa semangat para murid dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh We Maratika Padmasani, Accout Officer Funding Bank Sulselbar Cabang Parepare.

“Kami menyosialisasikan simpanan pelajar untuk mengedukasi literasi numerasi keuangan dengan mengajarkan anak-anak menabung sejak dini,” ujar Rara, sapaan karib dia didampingi oleh tiga rekannya, satu di antaranya Eka Pratiwi, Koordinator Oto Kas Bank Sulselbar.

Ia menguraikan, persyaratan tabungan pelajar di Bank Sulselbar juga sangat mudah dan tidak memberatkan bagi murid. Saldo awal imbuh dia, hanya Rp 5.000 rupiah, dan setoran-setoran berikutnya dimulai Rp 1.000 rupiah.

“Tenang saja masih banyak hadiah yang kami siapkan. Bagi anak-anak yang membuka tabungan akan mendapat hadiah dari Bank Sulselbar,” terangnya diikuti tepuk riuh para pelajar SMP 2 Parepare yang berjumlah 900-an lebih orang.

Tak hanya itu, biaya administrasi bulanan untuk tabungan pelajar ini juga nol alias gratis, tabungan para pelajar juga akan dijemput menggunakan Oto Kas milik Bank Sulselbar. “Kami akan datang menjemput setoran anak-anak sesuai dengan jadwal yang kita sepakati bersama pihak sekolah,” jelasnya.

Terpisah, Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Parepare, Hazjul menjelaskan, produk tabungan Simpel ini merupakan program yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membiasakan murid mengelola keuangan sejak dini.

“Gerakan sosialisasi gemar menabung ini kami aktifkan kembali setelah sekolah dibuka normal pasca pandemi Covid-19. Olehnya itu, kami mengajak anak didik mulai tingkat PAUD sampai SMA dapat membiasakan diri menabung sejak dini sehingga setiap anak dapat memiliki rekening tabungan (One Student One Account) atau disingkat OSOWA,” tandas Hazjul.

Kepala UPTD SMP Negeri 2 Parepare, Hj Nasriah mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas kehadiran BPD Sulselbar. Menurutnya, program tabungan pelajar ini dapat membiasakan murid belajar menabung sejak dini. “Terima kasih Bank Sulselbar Cabang Parepare sudah mengedukasi anak-anak kami belajar menabung sejak dini dengan cara yang mudah dan tidak memberatkan. Dengan demikian, anak-anak kami bisa mengelola uang jajannya dan disisihkan sebagian untuk ditabung demi masa depannya,” timpal Nasriah. (***)

  • Bagikan