Gedung Putih Mengatakan Tidak Ada Catatan Pengunjung Untuk Rumah Biden

  • Bagikan
Gedung Putih secara sukarela merilis catatan pengunjung di situs webnya. Tetapi catatan serupa tidak disimpan untuk rumah pribadi presiden, kata kantor penasihat Gedung Putih

WASHINGTON, BACAPESAN.COM – Gedung Putih mengatakan bahwa tidak ada catatan pengunjung yang datang ke rumah pribadi Presiden Joe Biden.

Partai Republik telah menuntut untuk melihat catatan tamu ke rumahnya di Delaware setelah file rahasia ditemukan di sana.

Pada hari Senin (16/01/23), kantor penasihat Gedung Putih mengatakan bahwa bukan praktik standar untuk mengawasi siapa yang mengunjungi rumah pribadi presiden.

Setidaknya 20 dokumen telah ditemukan di rumah Biden dan di sebuah kantor yang ia gunakan di Washington.

Dokumen-dokumen tersebut berasal saat Biden menjabat sebagai wakil presiden di bawah pemerintahan Obama. Beberapa di antaranya ditandai “Sangat Rahasia” yang berarti tingkat klasifikasi tertinggi berdasarkan laporan CBS News

Berita bahwa dokumen-dokumen sensitif telah ditemukan di kantor pribadi di Penn Biden Center, sebuah lembaga think tank di Washington, muncul awal bulan ini. Hal itu diikuti dengan pengungkapan bahwa dokumen rahasia kedua ditemukan di rumah Biden di Wilmington, Delaware.

Gedung Putih mengatakan pada akhir pekan bahwa lima halaman tambahan materi rahasia ditemukan pada hari Kamis (12/01/23). Menurut Undang- undang, semua arsip Gedung Putih harus diserahkan ke Arsip Nasional pada akhir masa kepresidenan.

Gedung Putih mengatakan bahwa berkas-berkas itu “secara tidak sengaja salah tempat” dan bahwa mereka bekerja sama sepenuhnya.

Kongres Republik telah meminta Gedung Putih untuk merilis catatan pengunjung rumah Biden, tetapi Gedung Putih hingga Senin menolak untuk mengatakan apakah informasi tersebut akan diungkapkan.

“Kesalahan penanganan materi rahasia oleh Presiden Biden menimbulkan masalah apakah dia telah membahayakan keamanan nasional kita,” kata Ketua Komite Pengawasan DPR, James Comer dari Partai Republik, dalam sepucuk surat kepada kepala staf Gedung Putih Ron Klain pada akhir pekan.

“Tanpa daftar individu yang telah mengunjungi kediamannya, rakyat Amerika tidak akan pernah tahu siapa yang memiliki akses ke dokumen yang sangat sensitif ini.”

Namun dalam sebuah pernyataan pada hari Senin(16/01/2023), kantor penasihat Gedung Putih mengatakan bahwa tidak ada catatan pengunjung seperti itu.

“Seperti setiap presiden selama beberapa dekade sejarah modern, kediaman pribadi (Mr Biden) bersifat pribadi,” kata Ian Sams, juru bicara penasihat Gedung Putih.

Secret Service sebelumnya mengatakan tidak menyimpan catatan kediaman pribadi presiden. Pada tahun 2017, dikatakan dalam pengajuan pengadilan bahwa tidak ada catatan pengunjung yang disimpan di kediaman Donald Trump di Mar-a-Lago, tempat ratusan file rahasia ditemukan tahun lalu oleh FBI.

Namun, agensi tersebut memiliki akses untuk melihat catatan permanen di rumah Biden di Wilmington dan Pantai Rehoboth dan menyaring pengunjung sebelum mereka masuk.

Seorang penasihat khusus sedang menyelidiki penanganan file-file tersebut oleh Biden. Komite Pengawasan DPR yang dikuasai Partai Republik telah mengatakan mereka akan meluncurkan penyelidikan mereka sendiri.

Gedung Putih memang secara terbuka merilis catatan pengunjung di situs webnya – sebuah praktik yang dilakukan selama pemerintahan Obama.

Hal itu dihentikan sementara selama masa kepresidenan Trump dan dipulihkan kembali ketika Biden menjabat. (BBC/*)

referensi :

https://www.bbc.com/news/world-us-canada-64293743

  • Bagikan