Jacinda Ardern: PM Selandia Baru Akan Mundur Bulan Depan

  • Bagikan
Jacinda Ardern membuat pengumuman itu di retret pesta pada Kamis

SELANDIA BARU, BACAPESAN.COM – Jacinda Ardern telah mengumumkan dia akan berhenti sebagai perdana menteri Selandia Baru bulan depan, dengan mengatakan bahwa dia tidak lagi memiliki “kekuasaan yang cukup” untuk memimpin.

Ardern terlihat berbicara terbata-bata ketika dia merinci bagaimana enam tahun yang “menantang” dalam pekerjaan itu telah memakan korban.

Dia akan mundur sebagai pemimpin Partai Buruh selambat-lambatnya 7 Februari. Akan ada pemungutan suara dalam beberapa hari mendatang untuk menentukan penggantinya.

Selandia Baru akan mengadakan pemilihan umum pada 14 Oktober.

Ardern, 42, mengatakan dia telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan masa depannya selama liburan musim panas.

“Saya berharap bahwa saya akan menemukan apa yang saya butuhkan untuk melanjutkan selama periode itu tetapi, sayangnya, saya belum melakukannya, dan saya akan merugikan Selandia Baru untuk melanjutkan,” katanya kepada wartawan.

Ms Ardern menjadi kepala pemerintahan wanita termuda di dunia ketika dia terpilih sebagai perdana menteri pada tahun 2017, dalam usia 37 tahun.

Dia telah memimpin Selandia Baru melewati pandemi Covid-19, penembakan masjid Christchurch, dan letusan gunung berapi Pulau Putih.

“Peristiwa iniā€¦ telah melelahkan karena bobotnya, bobotnya yang besar, dan sifatnya yang terus-menerus. Tidak pernah ada momen di mana kami merasa seperti hanya memerintah.”

Ardern memimpin Partai Buruh untuk kemenangan telak dalam pemilihan pada tahun 2020, tetapi popularitas domestiknya telah menurun ke posisi terendah baru dalam beberapa bulan terakhir, menurut jajak pendapat.

Namun Ardern mengatakan dia tidak mengundurkan diri karena dia yakin Partai Buruh tidak dapat memenangkan pemilihan, tetapi karena dia pikir itu akan terjadi.

“Kami membutuhkan bahu baru untuk tantangan itu,” katanya.

Wakil pemimpin Grant Robertson mengatakan dia tidak akan ikut serta dalam pemungutan suara kepemimpinan, yang akan dilakukan pada hari Minggu. Jika satu kandidat tidak dapat memperoleh dukungan dari dua pertiga dari ruang partai, suara akan diberikan kepada anggota awam Partai Buruh.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese memberikan penghormatan kepada Ardern sebagai pemimpin kecerdasan, kekuatan dan empati.

“Jacinda telah menjadi advokat yang gigih untuk Selandia Baru, inspirasi bagi begitu banyak orang dan teman yang baik bagi saya,” tulisnya di Twitter.

Ardern mencantumkan prestasi pemerintahnya dalam perubahan iklim, perumahan sosial dan mengurangi kemiskinan anak sebagai yang sangat dia banggakan.

Tapi dia mengatakan dia berharap warga Selandia Baru akan mengingatnya “sebagai seseorang yang selalu berusaha untuk bersikap baik”.

“Saya harap saya meninggalkan penduduk Selandia Baru dengan keyakinan bahwa Anda bisa menjadi baik tetapi kuat, empati tetapi tegas, optimis tetapi fokus. Dan bahwa Anda bisa menjadi pemimpin Anda sendiri seseorang yang tahu kapan waktunya untuk pergi,” katanya. (BBC/*)

REFERENSI :

https://www.bbc.com/news/world-asia-64327224

  • Bagikan