Wamen Perdagangan RI Buka Raķernas PMKRI XI di Tator

  • Bagikan

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Ke- XI yang dipusatkan di Makale Kabupaten Tana Toraja (Tator), dimulai 22 sampai dengan 28 Januari 2023. Dengan tema peran generasi muda menyongsong Indonesia emas 2045.

Pembukaan rakernas PMKRI, di Tammuan Malik Makale, 23 Januari 2023 dibuka langsung Wakil Mentri (Wamen) perdagangan Republik Indonesia (RI), Jerry Sambuaga, dan dihadiri bupati Tator, Theofilus Allorerung, bupati Toraja Utara (Torut), Yohanis Bassang, perwakilan gubernur Sul-Sel yakni Kepala BPBD Sulsel, Amson Padolo, Forkopimda, anggota DPRD Sulsel, Jhon Renden Mangontan, kepala OPD dan sejumlah tokoh PMKR, dan OKP.

Menurut Wamen Perdagangan RI, Jerry Sambuaga dalam sambutan mengatakan kunjungan kali ini adalah kedua kalinya berkunjung.

“Sebenarnya baru pulang dari luar negeri, namun karena kerinduan akan Toraja sehingga menyempatkan diri untuk menghadiri kegiatan Rakernas yang merupakan momen sepesial. Saya tidak peduli mau dari Swiss, masih jet leg, masih lelah. Saya tidak perduli, dan saya bersukacita bisa hadir dalam momen spesial ini ” ungkap Jerry.

Dikatakan Jerry bahwa pada tahun 2022 lalu Indonesia mengalami survus dimana export lebih tinggi daripada import. Dan hal ini pertama terjadi sejak Indonesia merdeka. Hal ini dikarenakan Indonesia tidak lagi mengexpor bahan mentah tetapi barang yang sudah diolah, sehingga negara-negara uni Eropa menggugat tetapi Indonesia bertahan dan melawan karena Indonesia punya hak penuh dan memiliki kedualatan untuk menentukan apa yang akan diekspor.

Untuk itu dirinya mengajak generasi muda agar lebih mencintai produk Indonesia. Bahkan dirinya menunjukkan bahwa semua yang digunakan mulai dari baju, jam tangan, hingga sepatu adalah produk Indonesia.

“Selamat melaksanakan Rakernas bagi PMKRI, saya berpesan agar selalu bersyukur kepada Tuhan. Dan diera globalisasi agar generasi muda harus kompetatif, bersaing dengan semakin yang sehat, bersyukur kepada Tuhan serta memanfaatkan jejaring yang dimiliki. Terakhir selamat menjalankan Rakornas bagi adek-adek PMKRI, semoga menghasilkan hal-hal positif untuk bangsa dan negara ” pungkas Jerry.

Sementara itu bupati Tator, Theofilus Allorerung dalam kesempatan itu menyampaikan selamat datang kepada wamen perdagangan di Toraja untuk kedua kalinya dan juga kepada semua pengurus PMKRI dan delegasi PMKRI dari seluruh Indonesia, selamat beriwisata di Toraja.

Dikatakan Thefilus bahwa kegiatan yang sama juga tahun lalu berskala nasional, yang berhasil dilaksanakan di Tator yakni Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan awal tahun ini kembali di gelar Rakornas PMKRI yang hari ini dilaksanakan, dan hal patut disyukuri bahwa Toraja merupakan destinasti wisata yang patut diperhitungkan di kanca nasional bahkan secara International.

Dikatakan Theofilus bahwa Toraja sebagai salah satu destinasti wisata saat ini terus berkembang dimana saat ini pemda Tator kembali mengembangkan satu destinasi wisata baru yakni wisata cadas di kelurahan Sarira.

“Kami saat ini sedang membuka objek wisata batu, dan sedang dalam proses pekerjaan, yakni objek wisata batu cadas di kelurahan Sarira, Makale Utara, yang jaraknya kurang lebih 10 km dari kota Makale ” pungkas Theofilus. (*)

  • Bagikan