Beacukai Makassar Selamatkan Rp2 M Lebih Aset Negara di 2022

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- Kantor Pelayanan Beacukai Makassar berhasil menyelamatkan aset negara hingga Rp2.166.883.171 selama tahun 2022.

Keberhasilan tersebut berasal dari berbagai kegiatan pencegahan yang di hadirkan Beacukai Makassar dalam rangka mendukung program PEN.

Januari 2022, Beacukai Makassar turut serta dalam memfasilitasi ekspor perdana komoditas pala dan cengkeh yang diekspor langsung menuju rusia. Ekspor perdana CV Surya Mandiri Sejahtera memiliki volume ekspor 15 ton dan nilai devisa US $ 123.386, 36 atau senilai dengan 1,7 Miliar Rupiah.

Pada Februari 2022, Beacukai Makassar mendorong Proyek Strategis Nasional dan Pemulihan Ekonomi Nasional khususnya di Sulawesi Selatan. Bea Cukai Makassar melakukan asistensi dan pengarahan terhadap PT.Hengsheng New Energi Material Indonesia yang mengajukan fasilitas Kawasan berikat di Kabupaten Bantaeng.

Selanjutnya Beacukai merealisasikan Program Ekspor sebagai bentuk dukungan terhadap Program Pemulihan Ekonomi Nasional, kegiatan kolaborasi antara Bea Cukai Makassar dan Bank Mandiri ini merupakan kolaborasi yang rutin dilaksanakan setiap bulan yang membahas tentang ekspor dan pemberdayaan UMKM

Keberhasilan menengah rokok ilegal sebanyak 1.099.800 batang dilakukan Bea Cukai sebagai community protector yang memberikan perlindungan kepada masyarakat, khusunya di bidang cukai berupa mencegah beredarnya barang-barang illegal.

Selain itu, Bea Cukai Makassar juga kembali melayani penerbangan langsung dari luar negeri ke Makassar. Penerbangan perdana oleh maskapai Air Asia dengan nomor penerbangan AK330 dari Malaysia mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin International Maros. Keberadaan maskapai ini membuka jalur wisata khususnya ke Sulawesi Selatan.

Berbagai program di atas merupakan sebagian kecil program Beacukai makassar yang telah di gelar selama 2023.

“Di 2023, Beacukai Makassar masih akan melanjutkan program PEN tentu dengan berbagai inovasi,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono.

Lanjut Andhi, saat ini APBN Indonesia ditopang oleh dua institusi pertama Direktorat Pajak dan Bea Cukai. Tahun 2022, realisasi penerimaan negara pada Bea Cukai Makassar tercapai dengan baik.

Menurutnya realisasi yang dicatatnya melebih target sebesar 112 persen, raihan tersebut tidak lepas dari posisi Makassar sebagai tumpuan pembangunan di Indonesia Timur. Di bawah nahkoda Andhi, Bea Cukai Makassar mencatat penerimaan negara terbesar sepanjang sejarah di Bea Cukai Makassar.

“Bea Cukai Makassar menjadi 14 pelabuhan percontohan oleh pemerintah mulai tahun 2021 sampai sekarang. 14 pelabuhan ini Makassar meraih 5 predikat terbaik pelabuhan di Indonesia,” ujarnya. (*)

  • Bagikan