JK Harapkan Pengusaha Sulsel Tumbuh, Tak Melulu Tergantung Investor

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- Pengusaha kenamaan Sulsel, H. Muhammad Jusuf Kalla berharap pengusaha di Sulawesi Selatan terus berkembang di negeri sendiri.

Hal tersebut disampaikan JK dalam acara bertajuk ‘Dari Pengusaha ke Pengusaha untuk Masa Depan Indonesia’ yang digelar di Saoraja Ballroom Wisma Kalla, Senin (30/1/2023).

Menurut JK, suatu negara tidak akan maju tanpa kemajuan pengusahanya. Dan di Sulawesi Selatan yang menjadi hub Indonesia Timur, pengusaha semakin berkembang.

Pengusaha yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden ini membeberkan, meskipun perkembangan Sulawesi Selatan pada neraca mengalami pertumbuhan di bawah Sulawesi Tengah dan Barat, tetapi pertumbuhan Sulsel merata.

“Terjadi kesenjangan yang besar di Sulbar dan Sulteng. Orang bisa mengatakan Sulbar dan Sulteng lebih maju dari Sulsel lewat data statistik. Tetapi di sana terlihat sekali kesenjangan. Di Morowali misalnya di kelola Cina, keuntungannya juga masuk di Cina,” terangnya.

JK juga ikut mengomentari terkait tragedi yang terjadi di Morowali, “Kenapa Morowali konflik, pertama adanya persoalan keselamatan kerja. Kedua ketidakadilan dimana gaji pribumi hanya UMR, ketiga masalah sosial, yaitu komunikasi yang tidak berkembang.,” Jelasnya.

Lebih jauh dengan besarnya kekayaan yang di miliki Indonesia, JK berharap pengusaha Indonesia dapat tampil dan berjaya di negeri sendiri.

“Jangan dengan kekayaan itu kita hanya dapat upah murah. Sedangkan investor asing, kita kasi karpet merah, jangan. Liat investor dari luar kita bangga,” Tutupnya. (*)

  • Bagikan