Terus Upayakan Tekan Inflasi, Danny Pomanto Bakal Siapkan 1 Juta Polibag Untuk Tanam Cabai Dan Bawang

  • Bagikan
Danny Pomanto Bakal Siapkan 1 Juta Polibag Untuk Tanam Cabai Dan Bawang

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Sebagai upaya mengendalikan inflasi, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyiapkan satu juta polibag guna ditanami Cabai dan Bawang.

Kata Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto, masing-masing lorong akan disiapkan 1.000 kantong polibag.

“Saya coba berhitung bagaimana jika di satu lorong ada 1.000 polibag, dengan 1.096 lorong jadi ada satu juta polibag untuk ditanami cabai dan bawang,” kata Danny usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Dalam Rangka Pembahasan Langkah Konkret Pengendalian Inflasi Daerah bersama Mendagri RI oleh Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri RI secara virtual, Senin, (30/01/2023).

Danny pun menuturkan bahwa Dinas Perdagangan Makassar sudah memiliki aplikasi untuk disingkronkan. Menurutnya, terdapat kenaikan harga pada bawang dan cabai sehingga perlu dilakukan antisiapsi melalui penanaman.

“Makanya kita tanam cabai dan bawang, ini juga untuk antisipasi lebaran. Jadi harus menanam, kita sementara siapkan,” tuturnya.

Danny juga mengatakan, nantinya Pemkot Makassar sendiri juga yang akan membeli komoditi masyarakat tersebut.

Selain itu, pekan ini dirinya akan kembali melakukan rapat pemantapan Pasar Murah Kontainer dan branding Makassar Kota Makan Enak.

“Kita belajar dari kota yang berhasil menekan inflasi dan tentu kita bisa. Makanya adaptasi ekonomi menjadi penting,” bebernya.

Sebelumnya, Mendagri RI Tito Karnavian menyampaikan pemerintah daerah perlu mengantisipasi kenaikan permintaan komoditas tertentu melihat adanya beberapa momen-momen keagamaan yang bersifat lokal.

Belajar dari hal tersebut, maka masing-masing perlu persiapan. “Harus ada antisipasi hari perayaan lokal yang spesifik makanya komoditinya harus disiapkan sebagai antisipasi,” katanya. (*)

  • Bagikan